24 Polisi Pelanggaran Disiplin, 2 Orang Tindak Pidana

 

TANJUNG REDEB – Pelanggaran kode etik, disiplin dan pidana yang dilakukan personel Polres Berau pada tahun 2016 cukup tinggi dibanding tahun 2015 lalu. Tahun 2016 tercatat 24 pelanggaran kode etik dan disiplin. Dua diantaranya adalah tindak pidana. Sedangkan tahun 2015 lalu, tercatat hanya 9 kasus.

Kapolres Berau, AKBP Handoko melalui Wakapolres, Kompol Indra Kurniawan mengatakan, 2016 ini Polres menekankan masalah disiplin. Sehingga pelanggaran sekecil apapun yang dilakukan anggota, akan ditindak sesuai hukum yang berlaku.

"Paling banyak pelanggaran disiplin yang dilakukan adalah meninggalkan tugas tanpa izin," ungkapnya saat ditemui beraunews.com di ruang kerjanya.

Dikatakannya, selain pelanggaran disiplin, ada dua personel Polres Berau yang terkena tindak pidana penipuan dan perjudian. Bahkan kasus tersebut ada yang sudah mendapat vonis dari pengadilan, berupa hukuman kurungan penjara selama 3 tahun.

"Keduanya juga sedang menunggu sidang kode etik profesi Polri. Terkait sanksi, menunggu keputusan hasil sidang apakah dipecat atau dilakukan pembinaan," tambahnya.

Dari beberapa pelanggaran yang terjadi, ada yang mendapat pemecatan karena tersangkut kasus perlindungan anak. Namun, pihak Polres masih mengajukan keberatan dan meminta untuk dilakukan pembinaan dengan berbagai pertimbangan.

Untuk menekan terjadinya pelanggaran kode etik maupun pelanggaran pidana yang dilakukan oleh personel Polri, Kapolres maupun Wakapolres sudah mengimbau kepada personelnya agar jangan sampai melakukan pelanggaran seperti sebelumnya.

"Kami sampaikan kepada jajaran Polres Berau untuk mengikuti prosedur yang ada, sehingga tidak terjadi pelanggaran apapun," pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: R. Amelia