Pantai Ulingan Naik Daun, Derawan Sepi Pengunjung

 

PULAU DERAWAN – Libur panjang natal hingga pergantian tahun dimanfaatkan sejumlah wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Derawan, baik dari Berau sendiri maupun dari luar Berau, seperti dari Kalimantan Utara, Tarakan.

Namun, momen pergantian tahun kali ini, Pulau Derawan justru sepi peminat. Biasanya, objek wisata andalan Berau ini bisa menarik wisatawan hingga ribuan orang saat momen liburan. Namun saat ini hanya berkisar ratusan orang saja.

Kapolsek Pulau Derawan, Iptu Nurbianto mengatakan, dari data yang ada pada Minggu (01/01/2017) kemarin, dari Tanjung Batu sekitar 300 orang yang melakukan penyeberangan. Sementara di Pulau Derawan sekitar 600 orang.

"Dari data itu, beberapa wisatawan sudah mulai balik atau pulang dari Pulau Derawan, jadi tidak seperti tahun lalu yang membeludak sekali," ungkapnya kepada beraunews.com, Senin (02/01/2016).

 

Dikatakannya, penurunan jumlah wisatawan di Pulau Derawan akibat adanya tempat wisata lain, yakni Pantai Ulingan di Kecamatan Pulau Derawan. Masyarakat menengah ke bawah justru lebih banyak berada di Pantai Ulingan ini.

"Di Kecamatan Pulau Derawan ini juga ada Pantai Ulingan, jadi wisatawannya terbagi. Apalagi dari Tanjung Redeb tidak perlu menyeberang untuk menuju ke Pantai Ulingan, jadi lebih hemat," bebernya.

Saat ini, pihak kepolisian masih rutin melakukan patroli di Pulau Derawan, dan mensosialisasikan keamanan kepada wisatawan, motorik maupun pemilik homestay, agar bisa menjaga situasi tetap aman dan kondusif.

"Kami imbau juga agar motoris tidak membawa penumpang melebihi kapasitas kemampuan speedboat mereka, demi keamanan saat menuju Pulau Derawan maupun menyeberang ke Tanjung Batu," pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: R. Amelia