Ratusan Kembang Api Merecon Disita Polisi

 

TANJUNG REDEB – Jajaran Polsek Tanjung Redeb kembali menyita ratusan merecon berbagai jenis yang berdaya ledak tinggi dari seorang penjual di Jalan Achmad Yani, sekitar pukul 16.30 Wita, Sabtu (31/12/2016) tadi.

Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan 88 kembang api mercon jenis Sun Fireworks, 212 jenis Top, 128 Jenis Galaxy, 5 jenis Happy Face, 162 jenis Flower Basket, 145 jenis G-89 dan 52 jenis Power Rangers.

Kapolsek Tanjung Redeb, AKP Surya Irianto mengatakan, saat polisi melakukan patroli, tim melihat ada pedagang kembang api yang berjualan menggunakan mobil dan hal tersebut dianggap tidak biasa.

"Setelah kita lakukan pengecekan, ternyata pedagang tersebut tidak bisa menunjukkan izinnya, selanjutnya seluruh barang kami amankan ke Mapolsek," ungkapnya kepada beraunews.com, Sabtu (31/12/2016).

Dikatakannya, beberapa pedagang kembang api sebelumnya sudah pernah dilakukan pemeriksaan. Namun saat polisi melakukan patroli terlihat pedagang tersebut baru dan menggunakan mobil atau berbeda dengan pedagang lainnya.

"Sebelumnya dia ini jualan di depan Telkom, Jalan Durian III. Saat kita patroli kita temukan lagi di Jalan Achmad Yani, selanjutnya kami periksa dan memang tak memiliki izin resmi," tambahnya.

Selanjutnya pedagang tersebut diminta untuk mengurus izin ke Mapolda sebelum barang-barang dagangan mereka dikembalikan.

"Dia urus dulu ke Polda, kalau sudah ada izinnya, maka akan kami kembalikan barang-barang tersebut," bebernya.

Pemilik barang, Andi Faisal mengatakan, dirinya hanya mencoba menjual kembang api. Biasanya ia berjualan buah di Jalan Pulau Sambit, karena stok buah kosong maka berjualan kembang api.

"Biasanya jualan buah dari Samarinda ke Berau. Karena stok buah masih kosong dan momen tahun baru, kami coba jualan kembang api, tidak tahu kalau harus izin karena yang lain banyak saja kita lihat berjualan," pungkasnya.(Dedy Warseto)