Gelar Cipkon Malam Tahun Baru, Polsek Talisayan Dapat Tiga Botol Miras

 

TALISAYAN – Guna menjaga keamanan dan ketertiban jelang tahun baru, Polsek Talisayan gelar apel gabungan dalam rangka pengamanan pesta akhir tahun 2016 pukul 15.00 Wita, Sabtu (31/12/2016). Pasalnya, selain melaksanakan ibadah bagi umat nasrani, momen tersebut juga dijadikan mayarakat untuk berpesta menyambut pergantian tahun. Disamping itu, polisi juga melakukan razia ke sejumlah tempat mencurigakan.

Usai melakukan apel itu, personil Polsek Talisayan yang dipimpin langsung oleh Faisal, melakukan razia ke sejumlah tempat yang berpotensi menjadi penyebab gangguan keamanan, seperti penjualan miras. Alhasil, dari giat itu pihaknya mendapati 3 botol miras berbagai merek yang dijual salah satu pedagang, tidak jauh dari Mapolsek Talisayan.

"Dari hasil operasi, kami menemukan tiga botol miras dari toko sembako yang tidak jauh dari markas yang dijual oleh pemain lama," ujar Kapolsek Talisayan, Iptu Faisal Hamid kepada beraunews.com.

Dikatakannya, dalam merayakan perayaan setahun sekali itu, masyarakat terkadang melakukan aktivitas kelewat batas. Seperti mengkonsumsi miras (minuman keras), menggunakan narkoba, hingga balap liar. Dalam mengantisipasi hal tersebut, pihaknya menggelar cipkon guna menjaga kamtibmas diwilayah hukumnya tetap terjaga.

“Sering kali ditemukan masyarakat umum merayakan pergantian tahun dengan hura-hura, sambil mengkonsumsi miras, bahkan berakibat pada keributan yang berujung penikaman seperti beberapa tahun lalu,” katanya.

Terkait pelaku penjual miras tersebut, Faisal mengatakan pihaknya akan melakukan tindakan preventif terlebih dahulu. Namun, tidak menutup kemungkinan, jika pelaku masih tetap berjualan miras, dirinya akan melakukan penegakan hukum secara tegas.

Dirinya juga telah mengerahkan seluruh personil Polsek Talisayan maupun Pospol Biatan, serta Pospol Tembudan Kecamatan Batu Putih yang ada di wilayah kerjanya, untuk melakukan pengamanan dari hal yang tidak diinginkan.

“Pengamanan dan penjagaan lebih kami perketat. Seperti melakukan pengamanan ibadah umat nasrani, melaksanakan patroli dan razia cipkon. Saya juga berharap, masyarakat tidak melakukan aktivitas di malam pergantian tahun ini secara berlebihan,” tuturnya.

Sementara itu, situasi keamanan di Kecamatan Biduk-Biduk masih kondusif. Hal itu disampaikan oleh Kapolsek Biduk-Biduk, AKP Suradi saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

"Situasi masih kondusif, sementara laka nihil. Kita akan selalu pantau, serta meningkatkan keamanan dalam menjaga kamtibmas di wilayah Biduk-Biduk agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan," tandasnya.(Hendra Irawan)