Operasi Lilin Mahakam 2016 Dimulai, Polisi Razia Miras Legal dan Ilegal

 

TANJUNG REDEB – Polres Berau memulai gelar Operasi Lilin Mahakam 2016 pada 22 Desember 2016. Operasi ini digelar guna pengamanan Natal dan Tahun Baru. Dalam operasi ini, Polres Berau menerjunkan 141 Personal yang akan melakukan pengamanan gereja di empat Kecamatan terdekat seperti Tanjung Redeb, Gunung Tabur, Teluk Bayur dan Sambaliung.

Kapolres Berau, AKBP Handoko melalui Wakapolres, Kompol Indra Kurniawan mengatakan, dalam operasi lilin mahakam 2016 ini ada tiga tahapan yang akan dilakukan oleh Polres Berau. Yang pertama, melakukan giat cipta kondisi (cipkon) sejak tanggal 22 Desember 2016 dengan melakukan razia Minuman Keras (Miras).

"Kami sudah mulai melakukan giat cipkon baik polres maupun polsek-polsek untuk merazia peredaran miras baik yang legal maupun yang ilegal di Tempat Hiburan Malam (THM) dan toko-toko," ungkapnya saat ditemui beraunews.com di ruang kerjanya, Kamis (22/12/2016).

Selain itu, saat natal Polres Berau menerjunkan personel untuk melakukan pengamanan setiap Gereja. Pengamanan sendiri akan dilakukan bersamaan dengan TNI, Dishubkominfo, Satpol PP, Pramuka maupun Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

"Untuk polres sendiri akan melakukan pengamanan di 4 kecamatan terdekat, sementara untuk kecamatan yang jauh akan dilakukan oleh polsek-polsek maupun Koramil," tambahnya.

Indra menambahkan, setiap bentuk upaya radikal yang akan mengganggu jalannya ibadah natal maupun perayaannya, maka akan ditindak tegas dengan hukum yang berlaku. Sehingga masyarakat diminta untuk bisa bersama-sama menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

"Kami harap masyarakat paham akan hal ini, mari.kita jaga situasi agar aman dan damai. Jangan sampai ada tindakan radikal yang pastinya akan kita tindak tegas bagi setiap oknum-oknum yang melakukannya," pungkasnya.(Dedy Warseto)