Kapolres : Provokasi Warga Saat Eksekusi Lahan, Kami Tindak Tegas

TANJUNG REDEB - H-1 jelang pelaksanaan eksekusi lahan sengketa di Jalan Pulau Panjang, Kapolres Berau, AKBP Handoko memastikan persiapan pengamanan. Saat ini pihak aparat tinggal menunggu personel Brimob tiba di Berau untuk menambah jumlah personel gabungan yang diperkirakan mencapai 700 personel.

Kapolres Berau, AKBP Handoko mengatakan pihaknya saat ini masih terus melakukan pengamanan di lokasi lahan sengketa tersebut. Selain mengamankan, pihaknya bersama ratusan personel Polres Berau terus membantu warga untuk memindahkan barang dan membongkar bangunan rumah yang berdiri di lahan sengketa.

“Pengamanan masih terus kita lakukan, dan kami juga terus membantu warga untuk memindahkan barang dan membongkar bangunan agar bisa segera selesai,” ungkapnya kepada beraunews.com, Minggu (29/5/2016).

Dikatakannya, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan  warga, RT serta pihak-pihak lainnya yang sempat melakukan protes terkait keputusan yang ada saat ini. pasalnya, pihaknya khawatir akan ada provokasi-provokasi untuk melakukan tindakan-tindakan yang mengarah ke pelanggaran hukum.

“Yang jelas untuk saat ini kita terus imbau masyarakat agar tidak melakukan tindakan sendiri jika memang ada hal yang tidak diterima. Koordinasikan kepada kami selaku aparat agar bisa dicari jalan keluarnya dan jangan terprovokasi oleh oknum yang tak bertanggungjawab,” tambahnya.

Handoko menambahkan, jika memang saat eksekusi besok (30/5/2016-red) ada tindakan provokasi dari oknum-oknum masyarakat sehingga mengakibatkan terjadinya tindakan yang mengarah pada pelanggaran pidana, maka pihak kepolisian akan memberikan sanksi.

“Kalau ada yang memprovokasi dan membuat warga melakukan tindakan yang mengarah ke tindak pidana, maka kami tindak tegas sesuai undang-undang yang berlaku,” tegasnya.

Aparat keamanan sudah dipastikan siap mengawal jalannya eksekusi yang akan dilakukan esok hari sekitar pukul 09.00 Wita. Diharapkan, semua agenda bisa berjalan dengan lancar dan tak terjadi kekacauan.

“Kita harap bisa terlaksana sesuai yang diagendakan, dan untuk pengamanan sudah siap. Saat ini pihak Polres Berau masih terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar,” pungkasnya.(dws)