5 Orang Komplotan Perampok Sarang Burung Walet Diringkus

TANJUNG REDEB - Polres Berau berhasil mengamankan 5 orang komplotan pelaku perampokan sarang burung walet di goa 4S Kampung Suaran, Kecamatan Sambaliung sekitar pukul 17.00 Wita Kamis (26/5/2016) kemarin.

Kelima pelaku diamankan di dua Tempat Kejadian Perkara (TKP) berbeda, Jp (39) dan Ab (46) diamankan di Kecamatan Talisayan, sedangkan Mr (38), Ms (43), If (41) diamankan di kampung Berantai, Kecamatan Tabalar. Kelimanya tiba di Mapolres Berau sekitar pukul 02.00 Wita Jumat (27/5/2016) dini hari tadi untuk dilakukan pemeriksaan.

Dari tangan pelaku, Polisi mengamankan barang bukti yang digunakan para pelaku untuk melakukan aksinya, yakni 2 pucuk Senjata Api (Senpi) rakitan, 9 butir amunisi jenis penabur, dan 5 unit handphone (HP) dan 1 buah dompet.

If salah seorang pelaku mengakui jika ia bersama keempat rekannya menggunakan sebuah mobil yang disewa untuk menuju ke sarang burung walet di goa 4S Kampung Suaran pada 26 April lalu. Setelah dekat dengan lokasi, kelimanya melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki karena akses jalan yang tak memungkinkan untuk dilalui kendaraan roda empat.

“Kami pakai mobil sampai dijalan yang bisa dilewati saja, karena akses jalan sudah tidak bisa menggunakan mobil, kami lanjutkan dengan berjalan kaki,” ungkapnya.

Setelah tiba di lokasi sarang burung walet yang dituju, mereka bertemu 2 orang penjaga sarang. Merasa keduanya merupakan ancaman, selanjutnya para pelaku menodongkan senjata dan sempat memukul penjaga goa tersebut.

“Setelah kita masuk ada 2 orang penjaga yang kita todong dangan senajata dan kami pukul dibagian wajahnya. Karena keduanya tak berkutik, kami langsung memetik sarang burung yang ada,” tambahnya.

Dari aksi perampokan tersebut para pelaku berhasil mengambil sekitar 30 kilogram sarang burung putih dan hitam yang rencananya akan dijual.

“Kami pakai 3 karung dan 1 tas untuk membawa keluar sarang burung itu,” ujarnya.

Terpisah, Kasat Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Berau, AKP Andreas Nurcahyo Wibowo mengatakan bahwa saat ini para pelaku masih dalam pemeriksaan guna mengetahui lebih jauh terkait kasus ini.

“Masih kami periksa, kalau untuk lebih jelasnya nanti akan diadakan Pers Rilis oleh Kapolres Berau,” pungkasnya.(dws)