Polisi Gagalkan 1 Ton Solar Selundupan

GUNUNG TABUR – Dipimpin langsung Kapolsek Gunung Tabur, AKP Sujarwanto, Polsek Gunung Tabur melakukan giat cipta kondisi (Cipkon) di Kilometer (KM) 10, Jalan Poros Berau-Bulungan, Sabtu (11/6/2016) sekitar pukul 22.00 Wita malam kemarin.

Dalam operasi tersebut. selain melakukan pemeriksaan semua kendaraan yang melintas, tim juga berhasil mengamankan 1 unit mobil Pick Up Carry Futura Merah Nomor Polisi KT 8420 GD yang dikendarai Hs (35) warga Kecamatan Teluk Bayur, dengan mengangkut sekitar 1 ton Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar.

Kapolsek Gunung Tabur, AKP Sujarwanto melalu Kanit Reserse dan Kriminal (Reskrim) Aiptu Uyu S Permana mengatakan, seperti giat rutin sebelumnya Polsek Gunung Tabur melakukan operasi cipkon. Dalam operasi tersebut, tim melihat ada 1 unit kendaraan yang mencurigakan dan langsung dilakukan pemeriksaan.

“Langsung kami periksa surat-surat kendaraan dari mobil tersebut, setelah suratnya kami periksa, kami meminta pelaku membuka bak mobilnya yang tertutup dan alhasil ditemuikan 50 jerigen BBM berisi solar dengan jumlah sekitar 1 Ton yang akan diselundupkan ke Kabupaten Bulungan,” ungkapnya kepada beraunews.com.

Dikatakannya, setelah dilakukan pemeriksaan dan interogasi awal, pelaku dan barang bukti langsung diamankan ke Mapolsek Gunung Tabur untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait asal usul BBM tersebut.

Terpisah, Hs saat diwawancara beraunews.com mengatakan, BBM jenis solar tersebut ia dapat dari beberapa pengetap dengan harga Rp90 ribu per jerigen 20 liter dan akan dijual dengan rekannya di Kabupaten Bulungan.

“Saya jualnya ke Bulungan dengan harga Rp120 ribu. Ini baru dua kali saya bawa BBM dan rencananya ada rekan saya yang akan mengambil diperbatasan Berau-Bulungan,” bebernya.

Akibat perbuatannya, pelaku terancam pasal 35 huruf b dan d Undang-undang RI Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi dengan ancaman hukuman 4 tahun kurungan penjara.(dws)