Bukti Minim, Polisi Akui Kesulitan Lacak Pelaku Pencuri Sarang Burung Walet

 

TALISAYAN – Aksi pencurian sarang burung walet di Kampung Sumber Agung Kecamatan Batu Putih, yang terjadi selama kurun waktu 3 minggu terakhir ini, ditanggapi Kapolsek Talisayan, Iptu Faisal Hamid.

Ia mengatakan, pihaknya telah menerima laporan terkait sejumlah kasus pencurian sarang walet yang menimpa sejumlah masyarakat Kampung Sumber Agung, termasuk Kepala Kampung Sumber Agung, Edi Santoso.

"Begitu ada masuk laporan, langsung kita tindak lanjuti. Dan sampai saat ini masih dilakukan penyelidikan," ujarnya kepada beraunews.com, Rabu (10/11/2016) kemarin.

BACA JUGA : Bikin Resah, Pencurian Sarang Burung Walet di Sumber Agung Mulai Marak

Hanya diakuinya, sejauh ini pihaknya masih belum bisa melakukan tindakan lebih dalam guna mengungkap kasus pencurian sarang tersebut. Pasalnya, selain bukti yang minim, pihaknya juga kesulitan melacak jejak pelaku. Kendati demikian, pihaknya tetap berupaya mengungkap pelaku pencurian.

“Tapi kita sudah sebar anggota ke sejumlah wilayah rawan, khususnya memantau sarang-sarang burung walet rumahan. Setiap malam juga kita lakukan patroli,” katanya.

Untuk mencegah peristiwa serupa kembali terulang di kampung tersebut, pihaknya mengimbau kepada masyarakat khususnya para pemilik sarang burung rumahan untuk selalu waspada, dan mengawasi sarang dan lingkungan sekitarnya secara berkala. Karena menurut pria dengan pangkat balok dua di pundak ini, pelaku terbilang cerdik dalam memanfaatkan situasi dan kondisi di lingkungan sekitar.

"Disamping melakukan penyelidikan, kami juga ingin masyarakat lebih berhati-hati lagi. Karena bisa saja, pelaku ini lebih dulu mempelajari situasi dan memanfaatkan kelengahan pemilik sarang walet sebelum beraksi. Apalagi pelaku juga berjumlah lebih dari satu orang," bebernya.(Hendra Irawan)