Oknum Sipir Rutan Diamankan Tim Saber Pungli Polres Berau

 

TANJUNG REDEB – Tim Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Polres Berau berhasil menangkap seorang oknum sipir Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Tanjung Redeb. Penangkapan yang dilakukan berkaitan dengan adanya dugaan pungli terhadap keluarga salah seorang narapidana.

"Benar memang ada onkum sipir Rutan Tanjung Redeb yang kita amankan, tapi sekarang masih dalam pemeriksaan," ucap Kapolres Berau, AKBP Handoko kepada beraunews.com, Kamis (3/11/2016).

Handoko menjelaskan, oknum tersebut ditangkap setelah salah saorang keluarga narapidana yang dimintai uang sebesar Rp10 juta oleh oknum tersebut dan diduga berkaitan dengan praktik pungli. Namun, saat disinggng siapa nama oknum tersebut, Handoko masih belum mau membuka secara jelas identitas oknum sipir tersebut.

"Saat melakukan penangkapan, tim gabungan Saber berhasil mengamankan sejumlah alat bukti termasuk uang Rp10 juta itu,” bebernya.

 

Saat ini, pihak kepolisian masih terus bekerja keras memeriksa terduga pelaku praktik pungli di dalam Rutan itu. Dari hasil pemeriksan sementara, ada ketidaksamaan antara keterangan oknum sipir dengan pelapor terkait uang Rp10 juta tersebut. Dari keterangan oknum sipir, diakuinya jika uang tersebut hanya titipan dari pihak keluarga untuk biaya salah satu keluarganya yang menjadai penghuni rutan.

“Kata pelaku, uang itu hanya titipan dari salah seorang keluarga pelapor untuk uang konsumsi salah seorang napi di rutan. Tapi kita masih terus dalami keterangan pelaku dan pelapor tidak singkron. Tapi ini ada indikasi lebih ke pemerasan,” pungkasnya.

Sementara itu, terkait tertangkapnya salah seorang oknum sipir rutan, hingga berita ini diturunkan, pihak rutan belum memberikan keterangan lebih lanjut.(M.S. Zuhrie)