Gelar Cipkon, Polsek Teluk Bayur Lakukan Test Urine Ditempat

 

TELUK BAYUR – Guna mengantisipasi adanya peredaran narkotika ataupun penggunaan narkotika di Kabupaten Berau, khususnya wilayah hukum Polsek Teluk Bayur. Pihak Polsek melakukan Operasi Razia Cipta Kondisi (Cipkon) dan pemeriksaan urine di tempat.

Pemeriksaan ini dilakukan guna mengetahui secara langsung dan pasti apakah oknum-oknum masyarkat masih banyak yang menggunakan narkotika atau tidak. Selain itu, cara ini dianggap cepat untuk menindaklanjuti para pengguna ataupun oknum masyarakat yang bermain-main dengan narkotika.

Kapolsek Teluk Bayur, AKP Tatok Tri Haryanto mengatakan, giat rutin pemeriksaan kelengkapan kendaraan, barang bawaan maupun identitas merupakan hal wajib. Selain itu, pihaknya juga melengkapi pemeriksaan dengan mengambil sampel urine jika ada oknum masyarakat yang dicurigai menggunakan narkotika.

"Jadi saat operasi kita bawa beberapa alat pemeriksaan urine juga. Saat kita ke Tempat Hiburan Malam (THM) ataupun penginapan, kita bisa langsung lakukan pemeriksaan urine bagi yang kita curigai," ungkapnya kepada beraunews.com, Rabu (26/10/2016).

Terkait kecurigaan itu sendiri, ada beberapa teknik untuk melihat jika seseorang usai menggunakan narkotika. Ciri itu pun terlihat jelas saat ada bagian tubuh yang diperiksa dan hasil itu tidak bisa dibohongi jika kuat kemungkinannya seseorang habis menggunakan narkotika.

"Yang kita curigai itu ada ciri-cirinya, dan ciri itu menunjukkan jika besar sekali kemungkinan seseorang habis menggunakan narkotika," tambahnya.

Giat ini masih akan terus dilakukan oleh Polsek Teluk Bayur untuk menekan angka penggunaan narkotika di wilayah hukum Polsek Teluk Bayur. Selain itu, sosialisasi pun menjadi salah satu hal utama untuk pencegahan dini pada generasi muda.

"Giat masih berjalan, selain itu sosialisasi juga kita lakukan untuk menghindarkan generasi muda dari dampak buruk narkotika," pungkasnya.(Dedy Warseto)