Peringatan !!! 12 Orang Tewas di Aspal

TANJUNG REDEB – Akibat kurangnya konsentrasi dan keamanan dalam berkendara, tak sedikit para pengendara mengalami kecelakaan. Tercatat, dalam 5 bulan terakhir sudah 12 kecelakaan yang mengakibatkan 12 orang meninggal dunia.

Kasat Lantas Polres Berau, AKP Nur Kholis melalui Kepala Unit (Kanit) Laka, Aiptu Ngatijan mengatakan dari data yang ada di Satlantas Polres Berau dalam 5 bulan terakhir terjadi 12 kasus kecelakaan dengan rincian 12 orang Meninggal Dunia (MD), 3 orang Luka Berat (LB), 4 orang Luka Ringan (LR) dan Kerugiatan Material (Kermat) Rp49,1 juta.

“Dari data kita itu sudah 12 kasus dan 12 orang yang meninggal dunia. Laka tersebut juga terjadi antara kendaraan, sementara Out of Control (OC) di dominasi pada bulan Februari 2016,” ungkapnya kepada beraunews.com.

Dikatakannya, untuk daerah yang sering terjadi kecelakaan lalu lintas biasanya di daerah jalan poros, baik menuju Kelay, Talisayan maupun daerah Berau menuju Kabupaten Bulungan. Biasanya para pengendara yang mengalami kecelakaan merupakan orang yang biasa menggunakan jalur tersebut, sehingga mereka bisa memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi.

“Kalau perkotaan mungkin kecelakaannya ringan. Untuk daerah yang parah itu di jalur jalan poros seperti ke daerah Kecamatan Talisayan, Kelay maupun arah menuju Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara),” tambahnya.

Ngatijan menjelaskan untuk kecelakaan pada 5 bulan terakhir ini bisa dikatakan menurun. Pasalnya, pada tahun 2015 lalu tercatat sekitar 21 kecelakaan lalu lintas pada bulan Januari hingga Mei, sedangkan tahun ini sejak Januari hingga Mei tercatat 12 kecelakaan lalu lintas.

“Bisa dikatakan menurun untuk 5 bulan terakhir ini dengan tahun kemarin,” bebernya.

Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas tersebut, Satlantas Polres Berau terus meningkatkan operasi pemeriksaan kelengkapan kendaraan baik dari segi administrasi maupun kelengkapan keamanan.

“Untuk menekan itu, kita sering lakukan razia agar masyarakat khususnya pengguna jalan memperhatiakan apa saja yang harus digunakan saat menggunakan kendaraan. Disitu juga kita himbau terkait lalu lintas, baik dari segi kecepatan maupun rambu-rambu,” pungkasnya.(dws)