Soal KTP Sementara Yang Aneh, Ini Kata Kapolres

 

TANJUNG REDEB – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Berau, Fredy Suryadie memastikan jika temuan KTP sementara saat operasi Satpol PP beberapa waktu lalu, sebagai kartu identitas palsu dan dibuat oleh oknum yang tak bertanggung jawab. Pasalnya, saat ini sudah tidak dikenal lagi yang namanya KTP sementara.

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Berau, AKBP Handoko mengatakan, pihaknya belum mengetahui pasti dan belum menerima laporan adanya dugaan tersebut. Untuk itu, pihaknya akan berkoordinasi dan mencari tahu siapa yang melakukan atau yang membuat KTP dengan bentuk seperti itu.

"Saya akan koordinasikan dulu kalau masalah itu ke Disdukcapil nanti, apakah ada unsur pemalsuan atau seperti apa," ujarnya kepada beraunews.com, Rabu (29/9/2016).

BACA JUGA : Kadisdukcapil Curigai Oknum Pembuat KTP Sementara

Dikatakannya, pihaknya juga perlu mengetahui motif oknum yang membuat KTP palsu tersebut, apakah untuk melakukan kejahatan ataupun lainnya. Jika terdapat unsur pemalsuan, maka sudah jelas Undang-Undang yang mengatur hal itu.

"Kita perlu keterangan juga seperti apa mekanismenya, karena kita juga perlu tahu siapa dan apa motifnya. Kita menunggu laporan saja dari pihak yang dirugikan," tutupnya singkat.(Dedy Warseto)