Jaga Kualitas Jagung Berau, Dandim Siap Bantu Warga

TANJUNG REDEB – Melihat potensi komoditi jagung di Kabupaten Berau yang tinggi dan nomor 1 di Kalimantan Timur. Kodim 0902/TRD siap membantu masyarakat untuk melakukan upaya peningkatan hasil panen. Komandan Kodim (Dandim) 0902/TRD, Letkol CZI Slamet Santoso mengatakan, potensi jagung di Kabupaten Berau perlu ditinggatkan, hal itu pun sama dengan program upaya khusus (upsus) Presiden Jokowi dalam rangka mensukseskan kedaulatan pangan.

"Kami siap bantu masyarakat dalam bentuk apapun untuk mengembangkan dan meningkatkan hasil panen, karena tiga komoditas yang menjadi sasaran, yaitu padi, jagung dan kedelai (pajale)," ungkapnya kepada beraunews.com, Kamis (28/7/2016).

Slamet menambahkan, Kodim melalui jajaran Babinsa hingga Koramil siap mendukung kesuksesan upsus swasembada pangan di Kabupaten Berau.Sebab, memang sudah ada Memorandum of Understanding  (MOU) antara TNI Angkatan Darat dengan Kementerian Pertanian RI.

"Jadi, bisa dipastikan seluruh Babinsa akan turun membantu petani agar program swasembada pangan dapat terwujud di tahun 2017 dan hasil panen masyarakat meningkat," tambahnya.

Dukungan jajaran Kodim 0902/TRD ini telah diwujudkan sejak persiapan pertanaman sampai pengawalan benih dan pupuk. Pelatihan singkat diberikan kepada para Babinsa oleh para pakar yaitu penyuluh, para peneliti dari Dinas Pertanian dan Balitbangtan untuk memudahkan operasionalisasi mereka di lapangan.

"Beberapa materi pelatihan yang diberikan kepada para Babinsa dari Kodim 0902/TRD seperti optimalisasi lahan, peningkatan penggunaan benih bermutu, penerapan teknologi pemupukan yang tepat, serta mengoptimalkan populasi tanam melalui teknologi Jajar Legowo pada tanaman padi," terangnya.

Pada intinya, Kodim siap bantu dan perlu dukungan juga dari pemerintah Kabupaten Berau.

“Jika memang masyarakat memerlukan bantuan TNI, maka koordinasikan ke Babinsa, Koramil, bahkan saya selaku komandan Kodim juga siap membantu," pungkasnya.(dws)