Eksekutor Pembunuhan Darwin Divonis 5 Tahun 6 Bulan

TANJUNG REDEB – Hakim menjatuhkan vonis 5 tahun 6 bulan kurungan penjara kepada Kt (16) yang berperan sebagai eksekutor pembunuhan atau pelaku penembakan Darwin (23), warga Kecamatan Talisayan pada 25 April 2016 lalu.

Sementara kedua pelaku lainnya, Mw (24) dan Jm (35) yang menjadi otak dari rencana pembuhuhan tersebut hingga kini belum naik ke persidangan lantaran berkas perkara masih berada di Kejaksaan Berau.

Humas Pengadilan Negeri (PN) Tanjung Redeb, Andi Hardiansyah mengatakan untuk terdakwa yang masih di bawah umur tersebut sudah dipersidangkan. Pasalnya, masa penahanan anak di bawah umur tak boleh lebih dari 15 hari. Sehingga terdakwa sudah lebih dulu di sidang dan dikenakan pasal 340 tentang pembunuhan berencana.

“Untuk kasus tersebut baru 1 tersangka yang disidangkan, yaitu Kt yang berperan sebagai eksekutor. Sementara 2 tersangka dewasa hingga kini belum disidang karena PN sendiri masih menunggu berkas dari Kejaksaan Berau,” ungkapnya kepada beraunews.com, Senin (13/6/2016).

Dikatakannya, Kt sendiri mengikuti 4 kali persidangan dan pihak keluarga korban tidak terlalu keberatan dengan perbuatan pelaku dan pihak keluarga meminta pelaku tersebut di hukum ringan, tetapi tidak untuk dua pelaku lain yang berperan sebagai otak pembunuhan.

“Tersangka sudah 4 kali ikut sidang dan pihak keluarga meminta untuk tidak menghukum pelaku dengan berat, karena pelaku hanya disuruh dan diiming-imingi uang Rp10 Juta dan 1 unit Handphone,” tambahnya.

Untuk dua pelaku lain, pihak pengadilan masih menunggu limpahan berkas dari Kejaksaan Negeri Berau untuk naik ke persidangan.

“Kita belum tahu juga kalau yang dua pelaku itu kapan dijadwalkan akan di sidang. Jelasnya, kami juga menunggu limpahan berkas dari Kejaksaan Berau,” pungkasnya.(dws)