Pangdam VI/Mulawarman Resmikan Skuadron Serbu 13

TELUK BAYUR – Panglima Daerah Militer (Pangdam) VI/Mulawarman, Mayjen Johny Lumban Tobing, meresmikan Skuadron Serbu 13 sekitar pukul 08.00 Wita, Kamis (24/8/2016) pagi tadi. Peresmian dilakukan dengan menggelar upacara di Skuadron 13 Serbu, selain TNI dan Polri, upacara juga dihardiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Pemangku Adat dan beberapa SKPD.

Pangdam mengatakan, pembentukan satuan Skuadron Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Puspenerbad) ini merupakan bagian dari rencana strategi angkatan darat tahun 2010 sampai 2019. Melalui berbagai kajian yang matang dalam rangka pelaksanaan tugas, baik operasi militer perang maupun selain perang di wilayah perbatasan Kalimantan Timur.

“Pembentukan Skuadron Puspenerbad ini sudah dikaji dengan matang. Pembentukan ini merupakan bagian dari strategi angkatan darat,” ungkapnya kepada beraunews.com.

Armada Helikopter yang ada saat ini memang baru ada 3 unit, beberapa armada lagi rencananya akan dikerahkan untuk melengkapi kebutuhan di Skuadron Serbu 13 ini.

“Ada beberapa armada lagi masih di Jakarta, nanti akan dikerahkan dan personel juga sudah mengecek armadanya,” lanjutnya.

Skuadron ini menyerupai Batalyon atau memiliki satuan sendiri, namun untuk personel yang ditempatkan hanya sepertiga dari jumlah personel batalyon. Namun untuk standar armada yang dimiliki sekitar 32 unit.

“Kebutuhan yang memang ketentuan secara organisasi sekitar 32 unit, tapi untuk personelnya lebih sedikit dibandingkan batalyon,” pungkasnya.

Terpisah, Bupati Berau Muharram mengatakan, pihaknya bersyukur dengan adanya Skuadron Serbu 13 ini. Dengan adanya skuadron ini merupakan bentuk atau wujud perhatian Markas Besar (Mabes) TNI untuk Kabupaten Berau.

“Ini bisa memperkuat pertahanan di Kabupaten Berau dari ancaman negara tetangga. Dan ini juga wujud dari antisipasi dan kesiapsiagaan dari mabes TNI untuk wilayah kita,” tutupnya.(Dedy Warseto)