Ini Amanat Danlantamal XIII Kepada Anggotanya di Berau

PULAU DERAWAN – Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) XIII Tarakan, Laksamana Pertama Wahyudi H Dwiyono beserta rombongan mendatangi Pos Angkatan Laut (AL) Pulau Derawan dan Pos AL Pulau Maratua dengan menggunakan kapal patroli jenis Combat Boat Patkamla Mamburungan 1-13-47 sekitar pukul 09.30 Wita, Sabtu (23/7/2016) lalu. Kedatangan rombongan ke Pos AL Derawan ini bertujuan untuk melakukan peresmian Pos AL yang ada di Pulau Derawan dan Pulau Maratua.

Melihat potensi daerah kelautan yang ada di Kabupaten Berau, ditegaskan sebagai Bangsa Maritim, semua patut untuk berbanga atas berbagai kekayaan alam negeri yang dimiliki, utamanya di Pulau Derawan dan Pulau Maratua.

Sehingga perlu dijaga dan diawasi keberadaannya serta keamanannya dari penggagu, perusak dan pencuri. Anggota TNI AL yang ada harus memiliki komitmen kuat dalam partisipasi ini membantu pemerintah daerah Kabupaten Berau untuk melakukan pengawasan.

“Hal itu dibuktikan dengan tingginya kunjungan wisata, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Upaya  pembangunan terus yang dilakukan pemerintah, baik pusat maupun daerah sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan ini perlu didukung oleh TNI AL,” ungkapnya.

Sebab dari berbagai keunggulan itu, terdapat kerawanan yang timbul dikarenakan adanya celah-celah antara pulau yang memungkinkan adanya kegiatan penangkapan ikan secara illegal.

“Bukan hanya itu, tapi juga penyelundupan barang, baik berupa bahan alam maupun migas dan non migas, bahan narkotika, yang dapat mengancam kedaulatan Bangsa dan Negara,” pungkasnya.

Dalam kunjungannya Danlantamal XIII didampingi anggotanya seperti, Asops Danlantamal XIII Tarakan, Kolonel Jamaludin Malik, Dantim Intel, Mayor Masrurun, Dansatkamla, Mayor Marta, Komandan Kal Mamburungan I-13-47 beserta 5 anggota, Pabungkol Lantamal XIII, Letda Basra, Ibu Jalasenastri, Ibu Damini dan Ibu Gatot, Adc Danlantamal, Serda Rizk, Anggota Dispen lantamal XIII, Kls Joko Prasetiyo dan Anggota Diskes Lantamal XIII, Serda Yogi ikut serta dalam rombongan.(dws)