Kodim 0902/TRD Gelar Nonton Bareng Film G30S/PKI

 

TANJUNG REDEB - Masyarakat Kabupaten Berau sangat antusias untuk menghadiri nonton bareng film G30S/PKI gelaran Kodim 0902/TRD. Terbukti, seluruh elemen masyarakat silih berganti menanyakan ke Kodim dan Koramil, kapan nonton bareng tersebut diselenggarakan. Bahkan, ada beberapa sekolah yang mengkonfirmasi siap mengirimkan seluruh muridnya untuk ikut nonton bareng ini.

Hal itu disampaikan Dandim 0902/TRD Letkol CPN Rony Nuswantoro saat dijumpai Beraunews.com di ruang kerjanya, Jumat (22/09/2017). Dikatakannya, tingginya antusiasme masyarakat Berau ingin menyaksikan nonton bareng film G30S/PKI tersebut, merupakan hal yang sangat positif bagi ketahanan wilayah dan negara terhadap ancaman yang ada di wilayahnya, khususnya kewaspadaan kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI).
 
Peserta nonton bareng yang akan digelar Kodim 0902/TRD di GOR Pemuda Tanjung Redeb pada Kamis (28/09/2017) pukul 08.00 Wita itu, dikatakan Rony, yakni prajurit TNI yang ada di lingkup Kabupaten Berau mulai dari Kodim 0902/TRD, Skadron Udara 13/Serbu, Batalyon Artileri Medan 18/105 Tarik Buritkang, para pelajar SMP, SMA, mahasiswa, ormas, FKPD hingga masyarakat umum.
 
“Harapan kami dengan digelarnya nonton bareng ini dengan segenap masyarakat, ada tiga, yakni Pertama, generasi muda saat ini paham bahwa ideologi komunis beserta organisasinya adalah terlarang sesuai TAP MPRS 25/1966. Kedua, untuk mengingatkan prajurit TNI dan generasi muda, agar peristiwa seperti ini tak terulang kembali, sehingga segenap seluruh komponen bangsa, komponen masyarakat yang ada di Kabupaten Berau tetap waspada. Ketiga, untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan antar sesame anak bangsa, sehingga kita bisa membangun indonesia yang lebih baik,” bebernya.
 
Selain menggelar nonton bareng di GOR Pemuda, dikatakan Rony, Koramil-Koramil bekerja sama dengan pemerintah setempat, juga akan menyelenggarakan nonton bareng di tiap-tiap kecamatan pada Jumat (29/09/2017).
 
“Tujuan digelarnya nonton bareng ini, kami ingin mengedukasi prajurit TNI maupun masyarakat, khususnya generasi muda penerus bangsa untuk mengetahui sejarah kelam bangsa kita, khususnya tragedi pengkhianatan G30S/PKI yang telah mengakibatkan banyak jatuhnya korban jiwa di pihak anak bangsa dan efek apa yang diakibatkan PKI terhadap bangsa kita,” tandasnya.(*bnc)