TNI Lakukan Pergeseran Pasukan, Amankan Pulau Terluar

TANJUNG REDEB – Kabupaten Berau banyak memiliki pulau-pulau dan juga berbatasan dengan negara tetangga. Melihat kondisi tersebut, personel TNI dari Kodim 0902/Trd dikerahkan untuk memperkuat pengamanan di wilayah kepulauan.

Hal ini disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 0902/Trd, Letnan Kolonel (Letkol) CPN Rony Nuswantoro, pihaknya mengatakan untuk pulau-pulau yang ada di Kabupaten Berau saat ini dalam kondisi aman dan kondusif. Perkuatan pengamanan di wilayah tersebut memang merupakan tanggungjawab yang harus dilakukan.

"Semua daerah Kepulauan dijaga oleh TNI, semua dalam kondisi aman dan kondusif, dan memang itu tugas dan tanggungjawab yang harus kita jalankan untuk langkah antisipasi," ungkapnya saat dikonfirmasi beraunews.com, Kamis (08/06/2017).

Dikatakannya, untuk wilayah perairan sendiri personel melakukan patroli bersama atau gabungan baik dari Polsek, Koramil dan juga Pos Angkatan Laut (AL). Selain dari Kodim sendiri, rencananya juga akan ada penambahan personel dari Brigif 24 yang rencananya akan bergeser pada hari ini.

"Pergeseran ini dilakukan untuk penguatan wilayah, sampai saat ini tidak ada informasi pergeseran dari daerah Filipina yang masuk ke Indonesia, yang jelas memang tugas kita untuk menjaga pulau-pulau terluar," tambahnya.

Sejauh ini, pengamanan terus dilakukan dengan melakukan komunikasi dengan berbagai pihak, patroli rutin dan juga komunikasi dengan masyarakat. Masyarakat juga diminta untuk menggalakkan pengamanan lingkungan di malam hari dan melaporkan jika ada hal-hal yang mencurigakan.

"Kami sudah koordinasi dengan masyarakat untuk melapor jika ada hal yang dicurigai dan jika ada WNA yang masuk tanpa identitas yang jelas. Jika memang ada dan ketahuan, maka akan kita tindaklanjuti sesuai dengan prosedural yang berlaku," pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: R. Amelia