Dandim 0902/TRD : Media Berperan Membangun Opini

TANJUNG REDEB – Suku, Agama dan Ras (SARA), masih merupakan salah satu yang menjadi perhatian banyak pihak. SARA juga bisa membuat perpecahan ataupun perselisihan di kalangan masyarakat. Dan inilah yang juga menjadi perhatian Dandim 0902/TRD, Letkol Penerbad Rony Nuswantoro.

Pengganti Letkol CZI Slamet Santoso dalam pemimpin Kodim 0902/TRD ini, mengakui jika Berau masih masuk dalam zona atau wilayah yang aman dan kondusif dari hal seperti SARA. Situasi yang seperti inilah yang ia anggap perlu dijaga dengan kerjasama masyarakat.

Selain peranan masyarakat, Rony mengakui jika media juga merupakan salah satu pemegang peran dalam membangun opini atau pikiran masyarakat. Sehingga diharapkan media bisa membantu membangun opini yang baik untuk konsumsi Informasi masyarakat, sehingga terjaganya keutuhan NKRI.

Rony mengakui jika saat ini cenderung keterbukaan publik merupakan hal yang harus dilakukan melalui sebuah media. Tetapi jika media membuat suatu berita dan tak dapat dipertanggung jawabkan karena tidak jelas sumber informasi, itu yang berbahaya.

"Tapi saya yakin teman-teman wartawan di Berau, profesional dengan naungan media yang jelas. Jadi apa yang diberitakan bisa dipertanggungjawabkan," katanya.

Saat ini, Dandim menyebutkan jika ia juga menggalang kekuatan berbasis masyarakat melalui kegiatan bimbingan teritorial, karena kekuatan utama TNI dianggapnya banyak di rakyat.

“Untuk menjaga keutuhan NKRI bukan hanya TNI, tapi kita semua," pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: R. Amelia