PMP sebagai Pedoman Generasi Muda

 

TANJUNG REDEB – Menyikapi saran Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Sutan Adil Hendra, untuk menjadikan Pendidikan Moral Pancasila (PMP) sebagai mata pelajaran di sekolah, Dandim 0902/TRD, Letkol CZI Slamet Santoso, sangat setuju dengan saran tersebut.

Menurutnya, Pancasila sebagai rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia, harus diketahui dan dipelajari seluruh elemen masyarakat, khususnya generasi muda. Pasalnya, setiap nilai-nilai yang terkandung di dalam sila Pancasila tersebut sangat baik, dan mengandung banyak makna untuk kebaikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Pelajaran yang menyangkut tentang materi-materi Pancasila ini, memang harus dikenalkan. Karena Pancasila merupakan ideologi dan dasar Negara kita. Maka dari itu, pribadi bangsa kita ini adalah demokrasi berdasarkan Pancasila, yaitu musyawarah untuk mufakat,” ungkapnya saat ditemui beraunews.com, Senin (30/01/2017).

BACA JUGA : Komisi X Minta PMP Masuk dalam Mata Pelajaran

Bahkan, tambahnya, setiap sila yang tercantum di dalam Pancasila, jika dipelajari dan diaplikasikan, maka akan berdampak baik. Salah satunya yang tercantum di dalam sila ketiga, yakni Persatuan Indonesia.

“Kita inikan terdiri dari berbagai macam suku, adat, budaya dan agama, sehingga terciptalah yang namanya Bhinneka Tunggal Ika. Sayangnya, kenapa masyarakat kita semakin jauh dari nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila? Jawabannya simpel, karena pengenalan Pancasila itu sendiri juga sudah tidak ada,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, ketika pelajaran PMP tersebut diajarkan di sekolah, maka jangan hanya namanya saja. Melainkan adanya pembuktian berupa penerapan dan pengamalan yang dilakukan ketika mempelajari PMP tersebut.

“Agar masyarakat melakukan sesuatu hal yang sesuai dengan pancasila, ya harus dipelajari dulu. Yang penting itu, masyarakat mengetahui terlebih dahulu apa itu Pancasila. Jadi, setelah mereka sudah tahu, otomatis segala yang dilakukan akan sesuai dengan aturan Pancasila,” tambahnya.

“Saya berharap ke depannya terutama generasi muda, tingkah lakunya kembali kepada dasar-dasar, sesuai yang ada di dalam sila-sila Pancasila tersebut,” tutupnya.(bnc)

Citizen Jurnalis: Catur Indra LP/Editor: R. Amelia