Penerimaan Bintara Diprioritaskan Warga Asli dan Pulau Terluar

TANJUNG REDEB – Kabar gembira untuk pemuda pemudi Kabupaten Berau yang berjiwa prajurit. Pasalnya, Komando Distrik Militer (Kodim) 0902/TRD membuka kesempatan pendaftaran Calon Bintara Prajurit Karir (PK) TNI AD tahun 2016.

Dandim 0902/TRD, Letkol CZI Slamet Santoso mengatakan, sesuai dengan Surat Telegram (ST) Pangdam VI/Mulawarman Nomor ST/1096 tentang giat kampanye dan seleksi penerimaan calon bintara PK TNI AD, maka Kodim membuka pendaftaran bagi pemuda pemudi yang ingin bergabung dengan satuan berseragam loreng hijau hitam ini.

“Sesuai dengan ST tersebut kami membuka pendaftaran bagi yang ingin bergabung menjadi TNI AD. Untuk syarat dan ketentuan lebih jelasnya bisa mencari informasi ke Kodim 0902/TRD atau ke Babinsa (Bintara Pembina Desa-red) setempat bagi yang berada jauh dari perkotaan,” jelasnya kepada beraunews.com, Jum’at (17/6/2016)

Dalam pendaftaran atau perekrutan TNI AD ini, sama sekali tidak dipungut biaya. Jika ada oknum yang mencoba meminta uang dengan menjanjikan agar lolos seleksi, maka diharap masyarakat segera melaporkan.

“Seleksi ini melalui mekanisme dan tes yang ketat. Jadi kalau lulus bukan karena uang tapi karena memang memenuhi persyaratan,” tambahnya.

Slamet menambahkan, untuk warga asli Kabupaten Berau maupun dari pulau terluar seperti Pulau Derawan, Pulau Maratua bisa menjadi prioritas, apa lagi jika memiliki keahlian khusus baik seni bela diri ataupun olahraga.

“Warga asli Kabupaten Berau dan dari pulau terluar dijadikan prioritas dalam penerimaan ini. Dan jika memang mereka memiliki keahlian ada jalur khusus untuk mereka,” terangnya.

Slamet mengimbau agar para pemuda pemudi yang benar-benar serius untuk mendaftar bisa berlatih sejak dini untuk mempersiapkan fisik dan mental.  Para Babinsa setempat juga siap membantu agar masyarakat bisa lebih siap.

“Intinya latihan fisik dan mental agar memudahkan saat pendidikan. Jika diperlukan, para Babinsa kita siap membantu untuk persiapan itu,” pungkasnya.(dws)