5.000 Orang Siap Ikut Apel Nusantara Bersatu di Berau

 

TANJUNG REDEB – Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menggagas aksi Nusantara Bersatu di seluruh wilayah Indonesia pada 30 November mendatang. Dalam aksi tersebut, Panglima mengajak seluruh elemen masyarakat berkumpul di tempat terbuka seperti alun-alun atau pusat kota, dengan mengenakan ikat kepala merah putih.

Terkait gagasan tersebut, Dandim 0902/TRD, Letkol CZI Slamet Santoso mengatakan, jika pihaknya sangat mendukung kegiatan tersebut dan akan melibatkan seluruh komponen masyarakat, seluruh suku yang ada, seluruh tokoh-tokoh agama, tokoh pemuda, budayawan, pelajar, mahasiswa, TNI, Polri dan Pemerintah Daerah.

“Kalau kita sangat dukung gagasan tersebut dan kami harapkan seluruh elemen masyarakat bisa hadir pada upacara 30 November mendatang,” ungkapnya kepada beraunews.com, Senin (28/11/2016).

Dalam kegiatan nantinya, rencana awal akan melibatkan 1.500 peserta namun peserta yang akan mengikuti diperkirakan bisa mencapai 5000 peserta. Jumlah yang akan hadir ini akan menunjukkan bahwa masyarakat Berau cinta tanah air dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kita jangan kalah dengan daerah-daerah lain, tunjukan Berau masih memiliki rasa persatuan dan kesatuan yang tinggi. Cinta tanah air dalam bingkai NKRI dan mewarisi jiwa kepahlawanan para pendahulunya yang rela berkorban nyawa untuk mengusir penjajah dari Bumi Battiwakal,” tambahnya.

 

Pada intinya, kegiatan apel yang akan digelar di lapangan pemuda nantinya, seluruh peserta akan menggunakan ikat kepala merah putih, menggunakan seragam masing-masing instansi, organisasi maupun pakaian adat.

“Akan dimeriahkan juga dengan kesenian tari-tarian adat dan pameran alutsista (alat utama sistem pertahanan) nantinya dan kami harap masyarakat memeriahkan apel tersebut,” pungkasnya.(Dedy Warseto)