Perang Terhadap Narkoba, Kodim Wajib Berpartisipasi

TANJUNG REDEB – Tidak hanya aparat kepolisian, unsur TNI di Kabupaten Berau juga tengah giat melakukan upaya menangkal peredaran Narkoba. Salah satunya menjadi bagian dalam tim pencegahan di kampung-kampung dan kelurahan. Bentuk nyatanya seperti mengajak kelurahan menjadi wilayah bebas Narkoba.

Komandan Kodim (Dandim) 0902/TRD, Letkol CZI Slamet Santoso menyebutkan, upaya ini untuk memaksimalkan pencegahan peredaran narkoba diwilayah bawah seperti Kelurahan atau kampung juga untuk wilayah RT.

Diluar itu, optimalisasi upaya dimaksud juga melibatkan aparat pemerintahan kelurahan dan kampung yang ada di kabupaten Berau, baik secara instansi maupun perorangan. Seperti mencanangkan Kelurahan dan kampung bebas Narkoba ini, dijelaskan Dandim, sudah dilaksanakan.

“Tujuan kami jelas, agar ada wilayah-wilayah kalau bisa seluas-luasnya yang berani mendeklarasikan diri sebagai kawasan bebas narkoba, bukan bebas beredar tapi terbebas dari peredaran, intinya tidak ada peredaran narkoba yang bebas,” jelasnya.

Sebab, untuk memastikan 100 persen terbebas dari narkoba juga bukan merupakan hal mudah, karena semakin luas dan terorganisirnya pelaku-pelaku, bisa saja masuk diwilayah yang sudah deklarasikan diri.

Program ini disebutkan Dandim, merupakan perintah satuan atas, untuk Kodim sendiri menerima instruksi langsung dari Danrem untuk program Kelurahan dan Kampung bebas Narkoba. Awalnya memang diupayakan bisa dalam sebulan sekali ada deklarasi kelurahan ataupun kampung bebas narkoba.

“Jadi masalah narkoba ini bukan tanggung jawab polisi semata, bukan juga hanya pemerintah semata tapi juga jadi tanggug jawab kita bersama, termasuk TNI dan seluruh masyarakat, untuk itu kita upayakan semua masyarakat terlibat,” ujarnya.

Minimal dengan adanya komitmen dari pemerintahan kelurahan atau kampung sebagai wilayah bebas narkoba, pelaku pengedar setidaknya berpikir 2 kali untuk masuk.

“Tentu sudah dengan komitmen bersama dengan warga, kalau tahu ada narkoba laporkan, sehingga menutup celah pengedar masuk, minimal membatasi,” bebernya.

Kelurahan Gunung Panjang, menjadi salah satu contoh deklarasikan kelurahan bebas narkoba. Sebelumnya memang sudah ada koordinasi dengan Kodim dan pemerintahan kelurahan untuk deklarasi.

Bisa dimulai dari sosialisasi, tingkat lingkungan kerja staf kelurahan, kemudian meluas ke warga. Dengn deklarasi ini TNI diwakili Kodim/0902  selaku mitra Polres Berau merasa perlu membuat satu langkah pencegahan.(msz)