Peringati HUT TNI Ke-71, Kodim Gelar Apel Dan Syukuran

 

TANJUNG REDEB – Memperingati Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) Ke-71 tahun 2016, Komando Distrik Militer (Kodim) 0902/TRD menggelar apel dan syukuran, Rabu (5/10/2016) di Makodim 0902/TRD di kawasan Jalan Pulau Sambit Tanjung Redeb.

Dandim 0902/TRD, Letkol CZI Slamet Santoso yang bertindak sebagai inspektur upacara membacakan amanat Panglima TNI. Dalam amanatnya, dikatakan penyelenggaraan HUT TNI dengan tema "Bersama Rakyat TNI Kuat Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian" pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertanggung jawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dilaksanakan, khususnya pada tahun 2016. Selain itu, perwujudan TNI Juga tidak boleh lepas dari peran serta rakyat, karena TNI hadir dari rakyat dan untuk rakyat.

“Kita ini kan dari rakyat juga, jadi saya berharap dengan momentum ini, kita kumpulkan kekuatan kita untuk bersama rakyat, paradigma yang selama ini timbul kalau TNI arogan dan keras, harus kita hilangkan. Kita wujudkan kehidupan TNI yang disenangi rakyat,” ujarnya.

 

Selain itu, Dandim berjanji akan menindak tegas jajarnya yang memang tak mau berbaur dengan masyarakat. Walaupun sejatinya fungsi tugas pokok TNI itu pengamanan NKRI, namun dalam realita yang terjadi, saat ini pertempuran bukan terjadi di medan perang, melainkan perang ideologi. Sehingga ketika ideologi rakyat terpecah dengan TNI, otomatis bangsa kita akan hancur, sebab memang kekuatan bangsa kita ada pada kekompakan rakyat dan TNI.

Dalam kesempatan itu, Dandim juga mengatakan pentingnya media dalam membantu tugas dan fungai TNI. Dimana media itu, selain mampu mengangkat, juga mampu menjatuhkan. Sebesar dan semeriah apapun kegiatan, tidak akan berguna kalau mereka tidak tahu. Meskipun sebetulnya Tuhan itu Maha Mengetahui, tetapi rakyatkan harus diberitahu, disinilah peran pentingnya media.

"Kegiatan ini juga sebagai bentuk kedekatan TNI kepada masyarakat yang sudah semakin baik, kita harap mulai saat ini rakyat bersama TNI akan semakin kuat," tutupnya.

Dalam pucak pelaksanaan HUT TNI kali ini, selain diisi dengan pemotongan kue oleh Dandim, juga dimeriahkan dengan sejumlah hiburan rakyat.(M.S. Zuhrie)