Berkas Belum Diterima, Kejaksaan Khawatir Laminyo Bebas

 

TANJUNG REDEB- Kasi Pidana Umum (Pidum) Kejaksaan Negeri (Kejari) Berau, Daud Zakariah mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum menerima berkas perkara kasus pembuhuhan berencana dengan tersangka Laminyo dan kawan-kawan.

"Untuk berkas belum ada sama kami, tapi kita berharap berkasnya bisa cepat agar bisa diproses lebih lanjut," ungkapnya saat ditemui beraunews.com di ruang kerjanya, Kamis (03/08/2017).

BACA JUGA : Berkas Perkara Laminyo Sudah di Kejaksaan

Jika berkas kasus tersebut sudah masuk ke Kejaksaan, dikatakan Daud, maka tim akan langsung melakukan penelitian berkas agar bisa kembali dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Tanjung Redeb. Daud khawatir jika berkas lama dilimpahkan, tersangka bisa bebas karena habis masa tahanannya.

"Yang kita pertimbangkan itu masa tahanannya, jika berkasnya ada, maka Jaksa yang menangani perkara itu akan segera mempelajari unsur-unsur yang ada dalam perkara," tambahnya.

Jika dalam perjalanan berkas tersebut juga ada yang kurang, maka bisa segera dikoordinasikan untuk kembali dilengkapi oleh penyidik. Berkas yang masuk pun pastinya dikaji dengan rekonstruksi, sehingga semua unsur yang ada dapat dipastikan.

Dari hasil rekonstruksi beberapa waktu lalu juga ditemukan, ada rumah yang menurut informasinya diduga milik istri korban yang ditempati oleh para tersangka.

"Bukti seperti ini sangat mempengaruhi berkas, yang jelas kami akan koordinasikan, kasus ini agar bisa segera dilimpahkan," ucapnya.

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Berau, AKP Damus Asa mengatakan, jika hari ini Kamis (03/08/2017) penyidik sudah melimpahkan berkas ke kejaksaan. Dimana sebelumnya memang dilakukan koordinasi dengan kejaksaan terkait berkas.

"Sebelumnya memang kita koordinasi terus, dan hari ini berkas sudah dilimpahkan oleh penyidik ke kejaksaan," pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: R. Amelia