Tidak Ditahan Polres, Belum Tentu Tak Ditahan di Kejaksaan

 

TANJUNG REDEB – Perkara kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang sempat ditangani Polres Berau sudah dilimpahkan ke Kejaksaan. Pelimpahan berkas tersebut juga sudah dinyatakan masuk kembali Kejaksaan Negeri (Kejari) Berau, melalui Kasi Pidum, Daud Zakariah.

Daut mengakan, berkas atas kasus tersebut sudah masuk ke kejaksaan, namun belum bisa dinyatakan lengkap atau tidak. Pasalnya, sampai saat ini berkas tersebut masih dalam penelitian.

"Kalau yang Dishub itu sudah masuk ke kami, dan sekarang masih diteliti apakah ada berkas yang kurang atau tidak. Kalau memang ada yang kurang, ya nanti kami koordinasikan lagi dengan Polres," ungkapnya saat ditemui beraunews.com, Selasa (20/06/2017).

Dikatakannya, dari informasi yang yang diketahui, pelaku ada 2 orang. Saat ini pelaku tidak ditahan di Mapolres Berau. Namun, meski tidak ditahan di Polres, belum tentu nanti tidak ditahan di Kejaksaan, dilihat dari situasi dan kondisi ke depannya.

"Kalau tidak salah pelakunya ada dua orang, tapi mereka tidak ditahan. Meski demikian belum tentu nanti tidak kita tahan di sini," jelasnya.

Penahanan terhadap tersangka sendiri bisa dilakukan selama pelaku tidak kooperatif memenuhi panggilan dan ada indikasi melakukan hal-hal yang menyulitkan pemeriksaan seperti berdampak menghilangkan barang bukti, mengulangi perbuatannya kembali dan lainnya.

"Pertimbangan ya nanti dilihat, kalau memang pelaku tidak kooperatif, dan hal-hal lainnya bisa ditahan di sini. Jadi, meski tidak ditahan di Polres, belum tentu tidak tahan di sini," pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: R. Amelia