Bakal Ada Wartel Di Rutan

TANJUNG REDEB – Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB, Tanjung Redeb, Agus Dwirijanto akan bekerjasama dengan PT Telkom untuk merencanakan pemasangan Wartel di rutan guna komunikasi para narapidana (napi) dengan pihak keluarga.

Rencana ini juga dilakukan untuk mengurangi penggunaan handphone oleh para napi yang berpotensi untuk digunakan berkomunikasi transaksi narkotika. Seiring dengan pemasangan wartel, razia akan makin diperketat oleh petugas.

"Itu daerah lain sudah berjalan. Jadi kita kerjasama dengan Telkom untuk pasang wartel agar napi bisa komunikasi dengan pihak keluarga," ungkapnya kepada beraunews.com, Kamis (18/8/2016).

Dikatakannya, pemasangan wartel di rutan kemungkinan masuk di tahap kedua bersama Kabupaten Nunukan. Saat ini, Samarinda dan Balikpapan sudah menggunakan sistem tersebut.

"Insya Allah kita upayakan agar bisa secepatnya dipasang," ujarnya.

Agus menambahkan, dalam penggunaan wartel nantinya, setiap napi diberi waktu dan akan datang petugas pengawas. Tujuannya, agar jangan sampai para napi menggunakan wartel untuk melakukan hal-hal yang dilarang.

"Peraturan jelas bahwa napi tidak boleh dilengkapi oleh handphone. Jadi saat kita berikan tekanan seperti itu, maka ada solusi dan ini lah rencana kementerian yang akan kita laksanakan," terangnya.

BACA JUGA : Warga Binaan Rindukan Keluarga

Agus berharap, program ini bisa terealisasi dan bisa bermanfaat untuk para napi yang ada saat ini. Pihaknya juga tahu, bagaimana kerinduan para napi ini dengan pihak keluarga.

"Kita upayakan, jika memang sudah ada arahan maka bisa kita realisasikan, tapi saat ini kita akan koordinasi dengan pihak Telkom saja," pungkasnya.(dws)