Besok, 7 Napi Dibebaskan

TANJUNG REDEB – Sebanyak 202 Narapidana (Napi) di Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Tanjung Redeb mendapatkan remisi. Secara simbolis remisi diberikan oleh Bupati Berau, Muharram kepada para napi penerima remisi saat gelar upacara di Rutan Klas llB, sekitar pukul 08.00 Wita, Selasa (16/8/2016).

Dalam pemberian remisi ini, sekitar 7 orang dinyatakan bebas sesuai dengan masa tahanan mereka. Selain itu, 6 bulan potongan masa tahanan yang diterima para napi dan akan dilaksanakan besok hari bersamaan HUT RI ke-71.

Bupati Berau, Muharram dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para napi yang mendapat remisi. Sementara, untuk para napi yang belum mendapat, diminta bersabar karena akan ada masa dimana remisi akan diterima karena itu merupakan hak mutlak yang nantinya akan diterima.

"Yang belum dapat remisi bisa bersabar, akan ada waktunya karena remisi ini adalah hak untuk para napi," ungkapnya.

Selain itu, Muharram berharap, rutan dijadikan wadah berbenah diri oleh para napi. Asah bakat dan kemampuan yang bisa dilakukan, agar saat keluar dari rutan ada keahlian yang bisa digunakan untuk memperbaiki diri.

"Jangan didalam sini masih melakukan tindak pidana seperti halnya berbisnis narkotika. Jadikanlah ini sebagai wadah berbenah untuk menjadi pribadi yang lebih baik," lanjutnya.

Terpisah, Kepala Rutan Klas IIB, Agus Dwirijanto mengatakan, remisi saat ini hanya dilakukan bertepatan dengan HUT RI.

"Besok baru pelaksanaannya. Sebenarnya ada 10 yang bisa langsung bebas, tapi 3 diantara mereka sudah mendapat pembebasan terlebih dahulu dan 7 yang lain baru akan dilaksanakan besok," pungkasnya.(dws)