Akun FB Kantor Arsip Di Bajak, Pelaku Minta Sumbangan

TANJUNG REDEB – Masyarakat Berau dibuat resah dengan adanya pesan singkat melalui jejaring sosial Facebook (FB) atas nama Kantor Arsip Berau yang meminta sejumlah uang tunai kepada masyarakat pengguna FB lainnya sebagai bentuk dukungan dalam rangka menyukseskan peringatan HUT RI ke-71.

Seperti yang diungkapkam akun FB atas nama Aan Bundanya Arjuna Cinta kepada beruanews.com, Selasa (9/8/16). Ia mengatakan, saat dirinya tengah asik berseluncur di dunia maya melalui akun FB miliknya, tiba-tiba akun Kantor Arsip Berau mengirim pesan yang berisikan meminta sejumlah uang untuk acara Agustusan.

"Saya kaget, tiba tiba ada pesan masuk dari akun Kantor Arsip, pertama ngobrol biasa, tapi beberapa saat kemudian minta uang ke saya sejumlah Rp1 juta untuk acara agustusan," ungkapanya.

Bukan hanya meminta, menurut Aan, akun Kantor Arsip Berau itu juga terkesan memaksa kepada dirinya dalam meminta sumbangan.

"Dia maksa dan katanya tidak pengecualian sama siapun," jelasnya lagi.

Sementara, menanggapi keresahan warga atas adanya permintaan sumbangan untuk sambut HUT RI, Kasi Pelestarian Dokumentasi Kantor Arsip dan Dokumentasi (KAD) Berau, Sutiran yang juga admin akun FB akun Kantor Arsip Berau mengatakan, jika akun FB Kantor Arsip Berau telah dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

"Saya baru mau buka tadi saat ada laporan, ternyata saat saya mau buka, saya sudah tidak bisa login lagi, saya yakin akun kita dibajak orang," jelasnya.

Mengatahui akun FB Kantor Arsip Berau dibajak pihak tak bertangung jawab, Sutiran meminta agar masyarakat tidak memberikan bantuan dalam bentuk apapun, seperti yang diminta pengelola akun saat ini. Dirinya juga berjanji akan melacak siapa pelaku pembajakan akun FB milik pihaknya.

"Hanya saya yang tahu sandinya akun itu. Dan sekarang saya tidak bisa login. Ini murni pembajakan. Jadi saya harap jangan berikan sumbangan apapun kepada pihak tersebut," tutupnya seraya mengimbau agar masyarakat selalu waspada dengan segala bentuk penipuan dengan meminta sumbangan atau bentuk apa pun.(msz)