WNA Asal Filipina Sudah Ada di Berau

 

TANJUNG REDEB – Puluhan Warga Negara Asing (WNA) yang masuk ke wilayah Indonesia saat ini sudah diamankan oleh Imigrasi Kelas III Tanjung Redeb. Puluhan WNA tersebut didata dan akan dilaporkan ke Konsulat Jenderal Filipina yang ada di Mindanao.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Tanjung Redeb, Erwin Hariyadi mengatakan, jika pihaknya sudah melakukan koordinasi awal dengan pihak Konsulat Jenderal Filipina. Dari konsulat tersebut juga memberikan formulir yang harus diisi oleh para WNA, agar mudah dilakukan pendataan.

"Jadi ada form yang harus diisi, selanjutnya kita kirim ke Konsulat untuk dilakukan verifikasi. Jika hasil verifikasi selesai baru ada langkah lanjutan terkait para WNA ini sendiri," ungkapnya saat ditemui beraunews.com, Senin (05/06/2017).

Dari hasil pemeriksaan sementara, beberapa WNA memiliki kartu identitas namun ada tiga WNA yang tidak memiliki identitas. Selain itu dua diantaranya merupakan pelajar, karena terlihat dari kartu identitas yang dimilikinya.

Sementara itu, dari hasil pemeriksaan sementara, mereka merupakan penumpang sebuah kapal transportasi yang berlayar dari Bungao, Filipina menuju Pulau Setangkai dengan bermacam-macam tujuan. Namun di tengah perjalanan, kapal yang mereka tumpangi kehabisan bahan bakar sehingga mereka hanyut hingga perairan Indonesia.

"Jadi setelah diamankan, mereka sebelumnya diperiksa dengan pihak TNI maupun Polri untuk memastikan jika tidak ada pelanggaran hukum yang dilakukan maupun terkait keamanan negara," bebernya.

BACA JUGA : WNA Asal Filipina Masuk Indonesia, Kapal Hanyut Lewat Kaltara

Setelah pemeriksaan dari pihak kepolisian selesai selanjutnya WNA yang sebelumnya diamankan di daerah Tarakan, Kalimantan Utara ini langsung dijemput dan dibawa ke imigrasi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Sementara ini pelanggaran mereka hanya batas wilayah, sedangkan dari pihak kepolisian belum menemukan adanya indikasi tindak pidana," terangnya.

Untuk memastikan kesehatan para WNA, Erwin mengatakan, pihaknya sudah membawa para WNA ke puskesmas untuk dilakukan pemeriksaan, dan hasilnya, selain ada yang terindikasi jantung, salah satunya juga ada yang sedang hamil muda.

"Untuk kesehatannya sudah kita periksa karena salah satunya juga ada yang hamil muda. Yang jelas untuk saat ini mereka sedang mengisi formulir dari Konsulat Jenderal Filipina agar bisa segera kita kirim datanya untuk segera diverifikasi," pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: R. Amelia