Ternyata, Banyak Speedboat Tak Miliki Izin Trayek

 

TANJUNG REDEB – Meski telah beroperasi melayani penumpang selama belasan tahun, rupanya puluhan speedboat yang melayani penyeberangan dengan tujuan Tanjung Batu-Pulau Derawan selama ini, belum memiliki izin trayek dari Dinas Perhubungan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Berau, Abdurrahman Ullang saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, dari puluhan speedboat yang ada memang belum memiliki izin trayek dari Dishub, namun para pemilik speedboat tetap mendapat pengawasan dari Dishub.

“Terkait itu memang benar. Ada beberapa yang belum punya, tapi kita tetap mengkoordinir speedboat tersebut, terutama untuk standar kapasitas penumpang,” ungkapnya kepada beraunews.com, Jumat (24/02/2017).

Dikatakannya, meski mayoritas belum mengantongi izin trayek tujuan Tanjung Batu, Pulau Derawan dan beberapa pulau lainnya, namun ia mengaku jika sebagian kecil telah memiliki izin, dan ada pula yang masih dalam proses pengurusan. Dishub juga akan terus mengimbau kepada pemilik speedboat yang belum memiliki izin untuk secepatnya mengurus izin trayek.

“Yang terpenting kelayakan speedboatnya, karena itu salah satu syarat mutlak kalau mau mengurus izin trayek, selain itu tingkat keamanan di speedboat itu sendiri, keselamatan penumpng dan motoris harus utama, dengan menyediakan pelampung bagi penumpang,” imbuhnya.

Secara umum, izin trayek ini, pihak Dishub yang mengeluarkan. Dalam proses pengurusan, pihak pemohon harus memenuhi beberapa ketentuan yang telah ditetapkan oleh undang-undang. Jika pemohon tidak mampu memenuhi persyaratan itu, otomatis surat keputusan izin trayek tidak dapat diterbitkan.

Namun saat disinggung mengapa belasan speedboat yang tak memiliki izin trayek tetap bisa beraktivitas melayani penumpang? Abdurrahman enggan memberikan penjelasan lengkap.

“Seharusnya tidak boleh beroperasi, tapi bagaimana ini buah simalakama juga, antara menghentikan atau membiarkan, sementara kebutuhan hidup mereka terus berjalan,” tutupnya singkat.(bnc)

Wartawan: M.S. Zuhrie/Editor: R. Amelia