Rencana Pembentukan FPI, Ini Tanggapan Kapolres dan Dandim

 

TANJUNG REDEB - Meski tak memiliki kapasitas untuk setuju atau tidak, namun Kapolres Berau, AKBP Handoko dan Komandan Kodim 0902/TRD, Letkol CZI Slamet Santoso memperhatikan rencana pembentukan Front Pembela Islam (FPI).

Kapolres Berau, AKBP Handoko mengatakan, jika semua pihak memiliki hak untuk membentuk organisasi ataupun berserikat selama itu dalam hal yang baik dan positif. Namun, untuk menyetujui pembentukan atau membubarkan organisasi tersebut, bukan kewenangan kepolisian ataupun perseorangan.

"Jika memang tidak bertentangan dengan undang-undang ya silahkan, tapi jika memang melanggar undang-undangn maka menjadi kewenangan pihak kepolisian untuk melakukan tindakan," ungkapnya kepada beraunews.com, Rabu (15/02/2017).

Dikatakannya, pihaknya sudah mengetahui terkait adanya rencana pembentukan FPI tersebut. Selain itu calon ketua FPI dan rekannya juga sudah sempat bertemu dirinya dengan agenda berkonsultasi atas apa yang akan dilakukan.

"Kalau masalah ini ya tugasnya instansi terkait untuk melakukan pengecekan apakah persyaratan sudah lengkap atau belum," tambahnya.

Namun Handoko meminta, siapapun atau organisasi apapun yang nantinya akan terbentuk di Berau minimal memiliki kontribusi kepada daerah. Banyak bentuk kontribusi yang bisa disumbangkan ormas seperti FPI ataupun lainnya.

“Saya rasa semua harus punya kontribusi bisa bantu Polri jaga Kamtibmas, di Berau juga ormas apapun bisa jaga kesatuan persatuan, kondusifitas di Berau, menjamin kebhinekaan, tidak memecah dan intoleran,” tandasnya.

 

Terpisah, Dandim 0902/TRD, Letkol CZI Slamet Santoso menambahkan jika semua pihak tentu, memiliki tanggung jawab terhadap pembangunan daerah khususnya Kabupaten Berau.

“Ormas juga tidak hanya FPI saja, tapi semua bahkan hingga perorangan, menjaga kesatuan dan persatuan,” ungkapnya.

Slamet juga berharap tidak ada bentuk intoleran dilakukan oleh Ormas, demi menjaga suasana kondusifitas Berau yang sudah terjaga sejak lama.

“Yang jelas semua tetap bersatu berpartisipasi dalam menjaga keutuhan NKRI,” pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: R. Amelia