Puluhan Manusia Perahu Kembali Terlihat di Pulau Manimbora

 

BATU PUTIH – Puluhan manusia perahu kembali terlihat di sekitar perairan Kecamatan Batu Putih, tepatnya di sekitar Pulau Manimbora, Selasa (24/01/2017). Hal itu pun menjadi perhatian masyarakat luas, dan aparat kepolisian setempat. Pasalnya, beberapa tahun lalu aparat keamanan setempat juga sempat mengamankan ratusan orang manusia perahu karena berada di sekitar perairan Batu Putih.

Terkait kedatangan manusia perahu tersebut, juga dibenarkan oleh Kapolsek Biduk-Biduk AKP Suradi saat dikonfirmasi melalui telepon seluler miliknya. Ia mengatakan, informasi kedatangan manusia perahu disampaikan oleh masyarakat setempat, dan kemudian ditindaklanjuti oleh petugas Polsek Biduk-Biduk yang berada di Pulau Balikukup Kecamatan Batu Putih.

Setelah didatangi petugas dan masyarakat ke lapangan, sekelompok pendatang tak diundang itu beralasan bahwa kedatangan mereka hanya untuk berziarah ke makam keluarga mereka yang ada di Pulau Manimbora. Pulau Manimbora sendiri berada tidak jauh dari Kampung Balikukup Kecamatan Batu Putih.

“Ya benar, awalnya itu informasi dari masyarakat, kemudian ditindaklanjuti oleh anggota kita yang ada di Balikukup ke lapangan. Tapi mereka sudah kita peringatkan,” ungkapnya.

Ketika ditanya, apakah ada penangkapan manusia perahu yang dilakukan oleh aparat kepolisian seperti yang diinformasikan masyarakat? Suradi menjawab, pihaknya tidak melakukan penangkapan atau mengamankan manusia perahu, pihaknya hanya memberikan peringatan agar segera meninggalkan Pulau Manimbora.

 

Lebih lanjut disampaikannya, kedatangan manusia perahu itu karena ingin mengunjungi keluarga mereka yang sedang sakit, sekaligus mendatangi kuburan keluarganya yang ada di Manimbora. Setidaknya ada sekitar 30 orang manusia perahu yang menggunakan 4 kapal. Terdiri dari 3 kapal kecil dan 1 kapal yang berukuran besar, bersandar di sekitar Pulau Manimbora.

“Alasannya mereka mau ziarah di Manimbora, karena ada keluarga mereka dikubur di sana. Tapi kita sudah memberikan imbauan agar besok mereka sudah harus meninggalkan tempat itu, dan besok (25/01/2017) akan saya pantau lagi,” bebernya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia