Pelecehan Kembali Terjadi, Kini Menimpa Ketua BNK Berau

TANJUNG REDEB – Di tengah kemeriahan peringatan Hari Jadi Kabupaten Berau ke-63 dan Tanjung Redeb ke-206, tindakan provokatif yang menghina negara muncul lewat sebuah spanduk ucapan selamat HUT Berau dan Tanjung Redeb yang bergambarkan foto Bupati dan Wakil Bupati Berau, bertuliskan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Coretan atau tulisan PKI tersebut juga terdapat di beberapa spanduk, antara lain di spanduk imbauan Kamtibmas Polres Berau di Jalan Raja Alam, spanduk antinarkoba milik Kodim 0902/TRD di Jalan Marsma Iswahyudi, dan spanduk hari jadi Berau milik PT Cahaya Berlian di Jalan Kedaung.

Tindakan provokatif itu pun kembali berlanjut. Kali ini, papan reklame imbauan anti narkoba milik Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Berau yang menjadi sasarannya. Gambar foto Ketua BNK Berau, Agus Tantomo yang juga Wakil Bupati Berau dicoret menggunakan lipstik berwarna merah. Selain adanya coretan bertuliskan PKI, mata dan mulut pada gambar itu menjadi sasaran tindakan provokatif tersebut.

 

Ditemui di lapangan, Kepala Seksi Pembinaan, Pengawasan dan Penyuluhan Satpol PP Berau, Said Idrus mengatakan, berdasarkan informasi dari Badan Inteligen Negara (BIN) sekitar pukul 14.00 Wita, diketahui informasi awal terkait adanya tindakan provokatif yang menimpa papan reklame imbauan anti narkoba BNK Berau yang berada di Jalan Ahmad Yani, Tanjung Redeb.

“Informasinya tadi dari BIN sekitar jam 2 siang tadi. Saya yang masih berada di kantor langsung kesini. Saya lihat langsung, baru saya hubungi Kepolisian. Dan juga saya informasikan sudah sama pak Wabup tadi. Saya tidak berani menyentuh karena sudah ada petugas, mereka bilang ini dari gincu (lipstik-red),” katanya kepada beraunews.com, Jum’at (16/9/2016).

Terkait kondisi papan reklame yang rebah, dijelaskan Said, berdasarkan informasi dari para pedagang di kawasan Jalan Ahmad Yani, diduga papan reklame itu terlebih dulu rebah akibat terkena angin kencang, Rabu (14/9/2016) kemarin. Dengan kondisi itu pula yang membuat oknum tindakan provokatif itu dengan mudah mencoret-coret papan reklame tersebut.

“Selanjutnya, kita serahkan saja pada yang punya (BNK Berau-red). Ini juga harusnya ada SOP pemasangannya sehingga hal ini tidak terjadi. Dugaan awal jatuh duluan, cuma memang tidak ada koordinasi dari masyarakat dan kami semua masih fokus ke Expo disana,” jelasnya.

 

Pihak Polsek Tanjung Redeb yang berada dilokasi juga telah mengambil beberapa foto sebagai barang bukti. Selanjutnya, masih dalam penyelidikan satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Berau.

Sementara itu, Ketua BNK Berau Agus Tantomo terlihat sempat datang untuk melihat langsung tindakan provokatif yang menimpa papan reklame imbauan anti narkoba milik BNK Berau yang bergambar foto dirinya tersebut. Namun, ia enggan berkomentar terkait hal ini.

“Masih banyak pekerjaan yang harus kita kerjakan daripada mengomentari hal ini,” tegasnya.(Andi Sawega)