Jam Operasi SPBU di Berau Tak Sesuai Ketentuan

 

TANJUNG REDEB – Jam operasi SPBU di Kabupaten Berau hingga kini masih menjadi keluhan masyarakat. Pasalnya, SPBU buka dari jam 08.00 hingga 15.00 Wita saja, bukan sebagaimana seharusnya dari jam 07.00 hingga 17.00 Wita.

Salah satu warga Tanjung Redeb Zainal mengungkapkan, perlu adanya kalrifikasi oleh pemerintah daerah untuk mengatur jam operasi SPBU agar waktu buka maupun tutup dapat teratur.

“Kadang-kadang kita mengantre, datang jam 8 ke sana kadang belum buka, sore kita ke sana bensinnya sudah habis. Harapannya buka jam 8 tutupnya jam 5 sore,” ungkapnya kepada beraunews.com, Kamis (01/02/2018).

Sementara Ari, warga Sambaliung berharap agar ada kebijakan SPBU buka 24 jam, sebab tidak sedikit masyarakat yang membutuhkan BBM saat tengah malam.

“Tanggapan saya kurang bagus memang kalau bukanya hanya setengah hari saja, sedangkan di daerah lain itu bukanya 24 jam di sini saja tidak, kalau tengah malam kadang perlu juga kita,” imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Berau, Wiyati mengatakan, hingga kini pihaknya belum mengklarifikasi terkait permasalahan ini, tetapi ada banyak faktor yang mempengaruhi mengapa SPBU di Berau belum bisa buka 24 jam.

“Untuk masalah itu kami belum klarifikasi langsung dengan pengusahanya, suatu saat pasti akan kami adakan pertemuan dengan pengusaha membahas ini,” ujarnya.

“Faktornya bisa saja di Berau jumlah transportasi yang masih beraktivitas pada malam hari itu tidak ada, mungkin ada, tetapi sangat jarang sekali ditemui yang mengakibatkan SPBU hanya buka pada waktu-waktu kerja saja,” tandasnya.(Miko Gusti Nanda/bnc)