Lagi, Hama Monyet Jadi Musuh Utama

 

BATU PUTIH – Sejumlah petani yang berada di RT 06 Kampung Tembudan Kecamatan Batu Putih keluhkan hama monyet. Bahkan, hampir tiap hari, keberadaan monyet jenis ekor pendek dan ekor panjang terlihat disekitar tepi jalan.

Saruna, salah seorang petani yang berada di wilayah tersebut mengatakan, kawanan monyet memang kerap terlihat mencari makan dengan mendatangi sejumlah kebun warga.

"Sekali datang sampai belasan kawanan monyet jenis beruk dan monyet ekor panjang mencari makanan di kebun orang," jelasnya.

Tak hanya itu, sejumlah kawanan monyet juga beberapa kali menyerang kebunnya, dan merusak sejumlah tanamannya.

"Biasanya mereka datang pas kita lagi tanam jagung. Sekali datang jumlahnya belasan ekor," bebernya.

Baca Juga : Petani Berlomba Panen Padi dengan Monyet

Meskipun sudah cukup lama meresahkan petani, kawanan monyet tersebut nekat masuk ke dalam kebun warga, lantaran makanan yang biasa dimakan di dalam hutan sudah semakin sulit didapatkan akibat pembukaan hutan yang dilakukan sejumlah perusahaan. Baik itu perusahaan dibidang hutan kayu industri, maupun sektor perkebunan.

"Mungkin karena sudah kesulitan mencari makan, karena perambahan hutan," terangnya

Tak hanya itu, salah seorang warga lainnya, Ramli, warga kampung setempat mengatakan, monyet memang menjadi salah satu musuh utama petani, disamping hama babi. Apalagi kata dia, saat musim tanam padi seperti sekarang.

"Ini yang kita khawatirkan. Karena, berdasarkan pengalaman tahun lalu, tak sedikit petani yang gagal panen karena serangan monyet," jelasnya.

Hingga saat ini, dirinya mengaku belum ada cara terbaik guna menanggulangi hama tersebut.

"Tidak tahu bagaimana mengusir agar mereka tidak kembali lagi," pungkasnya.(Hendra Irawan/bnc)