Usai Lebaran Harga Ayam Potong Kembali Melambung

TELUK BAYUR – Harga ayam potong di Pasar Sanggam Adji Dilayas (SAD) Kecamatan Teluk Bayur, kembali mengalami kenaikan pasca seminggu lebaran. Hal itu membuat sejumlah pembeli cukup kaget dan resah. Pasalnya harga ayam potong mencapai Rp38 ribu per Kg.

"Saya belinya kena yang mahal, sebelumnya ada yang jual antara Rp25 sampai Rp28 ribu per Kg, tapi tadi pagi saya beli sudah tinggi sekali harganya," ungkap Septi, salah seorang pembeli kepada beraunews.com, Selasa (12/7/2016).

Seorang pedagang, Adam mengatakan, salah satu penyebab kenaikan harga ayam potong usai lebaran lantaran pasokan ayam yang masih minim, sehingga sesuai dengan hukum jual beli yang berlaku, ketika stok barang sedikit, harga akan naik dan ketika stok barang banyak, harga bisa normal atau bahkan turun.

"Habis lebaran begini kemungkinan pedagang ayam masih banyak yang di kampung halaman, jadi pedagang ayam yang tersisa hanya ada beberapa. Itu juga mempengaruhi stok dan harga. Harga mulai naik sejak 3 hari lalu," jelasnya.

Sementara itu, Ilham pedagang lainnya mengungkapkan, kenaikan harga tersebut tidak mempengaruhi jumlah pembeli yang datang.

"Kalau sampai saat ini pembeli masih sama saja seperti sebelum-sebelumnya, mungkin karena memang ayam potong adalah salah satu kebutuhan yang diperlukan sehari-hari. Tapi tidak jarang juga mereka mengeluh kenapa harga bisa mahal. Ya, saya jelaskan karena pasokan memang sedang berkurang," katanya.

Ia menambahkan, kenaikan harga tidak akan berlangsung lama. Harga biasanya kembali normal setelah para pedagang mulai kembali berjualan.

"Pembeli jangan khawatir, karena kenaikan harga seperti ini tidak akan berlangsung lama. Dalam dua atau tiga hari ini harga bisa kembali normal,” pungkasnya.(mta)