Mau Penghasilan, Buruan Daftar Jadi Agen 46

 

TANJUNG REDEB – Dalam beberapa waktu ke depan, perbankan bakal merombak lini bisnis dalam rangka efisiensi. Salah satu langkah efisiensi itu, dilakukan dengan mengubah fungsi kantor cabang menjadi digital alias mobile.

Perubahan fungsi kantor cabang juga akan meningkatkan produktivitas dari segi bisnis. Pasalnya, bank pelat merah ini juga akan meningkatkan fungsi keagenan dalam program Laku Pandai (agen 46) agar dapat menjangkau nasabah potensial.

Bahkan, untuk diketahui, saat ini BNI sudah memiliki lebih dari 45.000 agen 46 yang tersebar di seluruh Indonesia. Khusus untuk Kabupaten Berau, terdapat kurang lebih 200 agen 46. Hal tersebut disampaikan Pimpinan BNI Cabang Tanjung Redeb, Sulaiman saat ditemui beraunews.com diruang kerjanya, Kamis (30/11/2017).

Dikatakannya, jumlah agen 45 akan terus ditingkatkan pihaknya untuk setiap kampung dan titik-titik strategis lainnya. Bahkan, pihaknya membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat Berau untuk bekerjasama menjadi agen 46.

“Syarat utama untuk menjadi agen 46, tentunya terjangkau jaringan internet. Selain itu, E-KTP berdomisili di Berau, diutamakan bagi masyarakat yang telah memiliki usaha rumahan, seperti toko, agen LPG dan usaha rumahan lainnya oleh karena itu diperlukan surat keterangan usaha dari kelurahan/kampung. Syarat lainnya, tentu saja menjadi nasabah BNI. Mengapa nasabah BNI, sebab agen 46 itu, berbasis saldo nasabah. Dimana transaksi dilakukan melalui saldo nasabah selaku agen 46 tersebut,” jelasnya diamini Branchless Banking BNI Cabang Tanjung Redeb, Syamsuri.

Setelah semua persyaratan lengkap dan diserahkan ke Kantor BNI Cabang Tanjung Redeb, pihaknya akan melakukan supervisi administrasi hingga lapangan. Supervisi lapangan dilakukan untuk mendokumentasikan lokasi calon agen maupun menentukan titik koordinat.

“Setelah data terkumpul, akan kami input. Prosesnya dalam satu hari sudah selesai. Artinya, nasabah BNI yang bersangkutan sudah dapat menjalankan fungsinya selaku agen 46,” tuturnya.

Terkait perangkat yang harus disiapkan calon agen 46, Sulaiman mengatakan, calon agen memang harus memiliki perangkat komputer/laptop beserta printernya. Pasalnya, transaksi dilakukan menggunakan perangkat tersebut.

“Jika tak ada komputer atau laptop, transaksi bisa dilakukan melalui smartphone, namun tetap harus ada printer berbasis bluetooth atau printer biasa,” katanya.

Apakah ada resiko bagi nasabah yang melakukan transaksi melalui agen 46? Ditanya seperti itu, Sulaiman menjawab, pihaknya menjamin tidak ada resiko sama sekali bagi nasabah. Sebab, transaksi dilakukan agen 46 melalui website BNI yang bersifat online. Selain itu, dalam setiap transaksinya melalui agen 46, nasabah selalu menerima bukti transaksinya.

“Jadi jangan lupa, dalam setiap transaksi melalui agen 46, pastikan menerima bukti transaksi,” tegasnya. 

Terkait manfaat menjadi agen 46, Sulaiman mengatakan, manfaat bagi masyarakat yang menjadi agen tentunya akan mendapatkan fee/komisi dari setiap transaksi yang dilakukannya. Komisinya pun akan langsung diterima agen melalui rekening.

Selain itu, tak menutup kemungkinan dengan menjadi agen 46, memudahkan pihaknya, memberikan kredit bagi agen bersangkutan. Sebagai contoh, kata Sualiman, ada salah satu agen 46 di Labanan. Lantaran saldonya sedikit, sementara transaksinya banyak, agen yang bersangkutan terpaksa bolak-balik ke Kantor BNI Cabang Tanjung Redeb. Melihat kondisi itu, agen tersebut, diberi pihaknya fasilitas kredit usaha dalam rangka meningkatkan permodalannya.

“Ini kesempatan bagi masyarakat untuk bekerjasama dengan perbankan, terutama BNI untuk menjadi agen 46. Melalui agen ini, masyarakat dapat melakukan transaksi ke BNI, seperti membuka tabungan, setoran tunai, maupun penarikan tunai. Untuk lebih lengkapnya mengenai fee dan jenis-jenis transaksi yang bisa dilayai melalui agen 46 dapat membuka website www.bni.co.id/id-id/ebanking/agen46,” tandasnya seraya mengatakan keberadaan agen 46 ini juga untuk mendukung program pemerintah dalam membagikan bantuan sosial yang tidak lagi diberikan secara tunai, melainkan melalui transfer rekening. Dimana, penarikannya dapat dilakukan melalui agen 46. Seperti, yang baru-baru ini disalurkan BNI adalah bantuan sosial untuk lanjut usia dan penyandang disabilitas.(bnc)