Bantahan PT Temas Soal Tak Libatkan TKBM Dalam Bongkar Muat, Dibenarkan KUPP Tanjung Redeb

 

TANJUNG REDEB - Bantahan PT Prima Mas Berau (PMB) selaku mitra aktivitas bongkar muat PT Tempuran Mas (Temas) terkait tidak dilibatkannya Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) dalam proses bongkar muat oleh PT Temas, mendapat dukungan dari Petugas Fasilitas dan Ketertiban Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Tanjung Redeb, Abdurrahman.

Dikatakan Abdurrahman, berdasarkan Pasal 1 Angka 31 Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 74/ 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 93/2013 tentang Penyelenggaraan dan Pengusahaan Angkutan Laut, diketahui jika aktivitas bongkar muat itu dibagi menjadi tiga kegiatan, yakni aktivitas bongkar muat dari kapal ke dermaga (stevedoring), dari dermaga menuju ke depo (cargodoring), dan dari depo menuju gudang atau toko pemilik barang (delivery).
 
“Dari tiga kegiatan tersebut, stevedoring dan cargodoring menjadi hak mutlak Koperasi TKBM yang tak bisa diganggu gugat. Sementara, delivery, tidak mutlak menjadi hak Koperasi TKBM, melainkan tergantung lokasi depo Perusahaan Jasa Pengurus Transportasi (PJPT),” jelasnya saat ditemui beraunews.com di ruang kerjanya, Jumat (22/09/2017).
 
BACA JUGA : PT Temas Bantah Tak Libatkan TKBM Dalam Proses Bongkar Muat
 
Abdurrahman menjelaskan, jika depo PJPT berada di Daerah Lingkungan Kerja (DLKr) dan Daerah Lingkungan Kepentingan (DLKp) Pelabuhan Tanjung Redeb, maka delivery menjadi hak mutlak Koperasi TKBM. Sebaliknya, jika depo berada di luar DLKr dan DLKp, maka delivery boleh dikerjakan selain Koperasi TKBM, dengan catatan tarif sesuai kesepakatan antara pemilik barang dengan PJPT, sebagaimana diatur Permenhub Nomor PM 74/2016.
 
“Karena depo PT PMB berada di luar DLKr dan DLKp, jadi delivery boleh dikerjakan buruh toko, buruh PJPT sendiri,” tuturnya.
 
Dirinya juga mengaku sudah menjelaskan persoalan ini kepada Koperasi TKBM, dan hasilinya TKBM telah memahaminya. Sebagai buktinya, dikatakan Abdurrahman, seluruh kegiatan stevedoring dan cargodoring di wilayah Pelabuhan Tanjung Redeb, dikerjakan sepenuhnya oleh anggota TKBM.(*/bnc)