Investasi Imbangi dengan Lapangan Kerja untuk Warga Lokal

 

TANJUNG REDEB- Saat ini ada banyak perusahaan yang berinvestasi di Kabupaten Berau. Hal ini pun merupakan salah satu upaya untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat. Namun saat ini masyarakat masih mengeluhkan terkait jatah tenaga kerja lokal, padahal saat ini masyarakat yang memiliki SDM sesuai kebutuhan perusahaan juga sudah memadai.

Menanggapi hal ini, Bupati Berau Muharram pun sudah menyampaikan kepada perusahaan, terkait prioritas tenaga kerja lokal. Bahkan, Bupati Muharram sudah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan beberapa perwakilan perusahaan yang bergerak di bidang tambang maupun perkebunan.

"Ini perlu dilakukan agar tenaga kerja lokal mendapat perhatian dan bisa menjadi prioritas. Dan MoU yang ditandatangani ini setidaknya bisa direalisasikan bukan hanya sekadar seremonial," ungkap Muharram, Selasa (29/08/2017).

Muharram menambahkan, jika MoU tersebut bertujuan untuk pengawasan terhadap perekrutan tenaga kerja oleh perusahaan-perusahaan. Perekrutan diharapkan bisa melibatkan pemerintah melalui dinas terkait.

"Bukan sekedar merekrut, tapi jika ada penerimaan juga harus ada pengumuman beserta persyaratan yang dibutuhkan oleh pihak perusahaan," katanya.

Perusahan yang ada atau berinvestasi di Kabupaten Berau wajib memberdayakan dan mendayagunakan tenaga kerja secara optimal khususnya yang berada di lingkar tambang atau sekitar perusahaan. Jika memang tenaga kerja lokal ada yang tidak memenuhi kebutuhan perusahaan, barulah merekrut tenaga kerja dari luar Berau.

"Yang jelas kita tidak melarang perusahan merekrut tenaga kerja luar, tapi setidaknya utamakan dulu yang lokal. Sehingga bisa selaras antara investasi dan lapangan pekerjaan yang ada di Kabupaten Berau," pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: Rita Amelia