Terungkap, Alasan Bank Indonesia Gunakan Derawan di Pecahan Uang Dua Puluh Ribu

 

PULAU DERAWAN – Kunjungan Gubernur Bank Indonesia, Agus Dermawan Wintarto Martowardojo, ke Kecamatan Pulau Derawan, dalam rangka pelaksanaan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), pada Sabtu (29/07/2107), disambut dengan baik oleh Pemkab Berau.

Hal itu ditandai dengan kehadiran Bupati Berau, Muharram, beserta beberapa Kepala SKPD lingkup Berau, dalam acara tersebut. Dalam kesempatannya, Agus menyampaikan suka citanya berkunjung ke daerah yang menjadi salah satu destinasi wisata andalan Berau tersebut.

Terkait dengan penggunaan gambar Pulau Derawan sebagai latar mata uang terbaru pecahan Rp20 ribu yang dikeluarkan Bank Indonesia Juni 2017 lalu, Agus mengatakan hal tersebut merupakan bagian dari peningkatan ekonomi Kalimantan Timur, khususnya Berau.

BACA JUGA : Gambar Pulau Derawan di Pecahan Rp20 Ribu Berikan Dampak Positif Bagi Pariwisata Berau

“Penggunaan gambar Pulau Derawan pada mata uang pecahan Rp20 ribu itu memang salah satu cara kita untuk menunjang perekonomian masyarakat Berau, sebab di Berau sendiri banyak sekali destinasi wisata yang potensial, dan salah satunya adalah Pulau Derawan yang sudah tersohor sampai ke tingkat internasional,” ujarnya.

 

Selain itu, dengan adanya gambar Pulau Derawan di salah satu mata uang Indonesia tersebut, dapat menjadi pengetahuan bagi masyarakat Indonesia tentang Berau, terutama bagi yang belum banyak mengetahui tentang Berau.

“Yang tadinya tidak mengetahui Berau dan Derawan, akhirnya penasaran dan berkunjung ke Berau untuk menikmati Derawan. Itu sudah menjadi nilai tambah bagi daerah. Bahkan kalau bisa mengelola dengan baik tempat-tempat wisatanya, termasuk Derawan itu sendiri maka pendapatan daerah pasti akan terus meningkat,” tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: Rita Amelia