Penghapusan Subsidi Benih, Bagaimana dengan Berau?

 

TANJUNG REDEB – Rencana Penghapusan subsidi benih bagi para petani yang akan dilaksanakan 2018 mendatang, dipertanyakan Komisi IV DPR RI. Lalu, bagaimana dengan Kabupaten Berau jika rencana tersebut dilaksanakan?

Ditemui beraunews.com, Jumat (14/07/2017), Dinas Pertanian Berau melalui Kasi Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura, Muhammad Saleh memberikan penjelasan terkait hal ini. Dikatakannya, Menteri Pertanian secara berangsur-angsur akan melakukan pengurangan subsidi benih. Namun demikian, nantinya akan ada perubahan program berupa bantuan pemerintah. 

“Bantuan pemerintah itu nantinya akan masuk ke kelompok petani, dan dananya sendiri itupun disiapkan oleh pemerintah melalui pihak ketiga,” ucapnya.

BACA JUGA : Rencana Penghapusan Subsidi Benih Untuk Petani Dipertanyakan

Di tahun ini sendiri, subsidi benih masih tersedia melalui pola yang ada, yaitu dari pemerintah menyiapkan dana melalui pihak ketiga, nanti pihak ketiga yang menyediakan benih tersebut.

“Kita juga menunjuk pihak ketiga yaitu perusahaan benih sendiri,” tambahnya.

“Pemerintah provinsi melalui Dinas Pertanian melakukan koordinasi lagi saat ingin melakukan bantuan subsidi tersebut, misal Berau dapat bagian sekian subsidi, dan yang masuk dalam alokasi tersebutlah yang nantinya akan menerima bagian,” terangnya.

Dari sumber yang didapat, Wakil Ketua Komisi IV Herman Khaeron mengatakan, subsidi benih ini juga nantinya akan menjadi sebuah penyangga terhadap desa mandiri benih. Alasan pencabutan subsidi benih karena penyaluran yang tidak terserap dengan baik.

Walaupun masih dalam pertanyaan, di akhir rapat kerja, Komisi IV DPR RI sepakat meminta Kementrian Pertanian tetap menjalankan pagu subsidi Benih dalam RAPBN tahun 2018 yang kemudian akhirnya menjadi sebuah kesimpulan.(bnc)

Wartawan: Miko Gusti Nanda/Editor: R. Amelia