RAT Online Dapat Dilaksanakan, Jika Fasilitas Teknologinya Memadai

TANJUNG REDEB – Dengan kemajuan zaman yang serba global seperti sekarang, menjadi ajang untuk meningkatkan taraf kerja yang lebih efektif. Seperti contohnya Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi yang rencananya akan berpindah jalur menuju sistem jejaring internet, seperti yang diungkapkan Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga.

Dari sumber yang didapat, beliau mengungkapkan perpindahan jalur sistem RAT secara eletronik tersebut dapat menjadikan solusi bagi permasalahan internal koperasi untuk tetap menghadirkan anggota dalam pelaksanaan rapat anggota. Selain itu juga pengadaan RAT yang dipindahkan jalur menjadi sistem Online, pihaknya juga telah menyiapkan serta menyusun standarisasi sistem pelaporan koperasi agar sama di seluruh Indonesia. Tujuannya, sudah jelas agar kualitas suatu forum koperasi dapat lebih ditingkatkan.

Tetapi, apakah di Kabupaten Berau sendiri telah mendapatkan kabar ataupun lampiran perihal pengadaan RAT Online tersebut?

“Sepertinya di Berau sendiri belum ada pengadaan RAT Online tersebut karena mungkin saja ada kendala fasilitas teknologinya yang belum memadai,” ucap Kasi Pengawasan Koperasi Simpan Pinjam dan Usaha Simpan Pinjam Disperindagkop Berau, Kuraden Hutapea, kepada beraunews.com, Selasa (13/06/2017).

BACA JUGA : RAT Online, Langkah Awal Menuju Koperasi Berkualitas

Diungkapkannya, surat lampiran perihal pengadaan RAT Online dari Provinsi belum diterima oleh Disperindagkop sendiri. Dikatakan juga, jika Berau ingin mengadakan RAT Online maka harus ada pendelegasian atau proses penunjukkan secara langsung maupun secara musyawarah untuk mengutus suatu tugas yang menjadi salah satu perwakilan suatu kelompok atau lembaga.

“Kita jika ingin melaksanakan juga memang perlu penunjuk pelaksana untuk mengadakan RAT Online tersebut, itupun kalau teknologi di setiap koperasi daerah itu sanggup, kalau tidak kan tidak bisa juga dipaksa,” pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Miko Gusti Nanda/Editor: R. Amelia