Jelang Lebaran, TPID Pantau Harga

 

TANJUNG REDEB – Meskipun harga kebutuhan pokok saat ini masih relatif stabil, namun upaya pengendalian agar tidak terjadi lonjakan hingga Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah terus dilakukan. Pemerintah Kabupaten Berau melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terus memantau kondisi harga kebutuhan pokok masyarakat.

Rabu (07/06/2017) kemarin, dipimpin Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Berau, Jonie Marhansyah, selaku Ketua TPID Berau dan dihadiri perwakilan dari Bank Indonesia wilayah Kaltim, digelar rapat koordinasi di ruang rapat Kakaban Setkab Berau. Rapat yang dihadiri pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), seperti dari Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi, maupun Dinas Pertanian dan Peternakan, seperti Bulog dan instansi terkait lainnya.

Dalam pertemuan tersebut dibahas kondisi distribusi barang maupun ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat selama Ramadan hingga lebaran. Begitu juga dengan ketersediaan stok pada tingkat gudang yang sebelumnya sudah didata oleh jajaran Disperindagkop Berau bersama tim. Berdasarkan pantauan tersebut, diketahui kebutuhan pokok masih tercukupi, bahkan untuk tiga bulan ke depan. Begitu juga dengan harga kebutuhan pokok hingga saat ini masih relatif stabil, meskipun diakui ada beberapa komoditi yang mulai mengalami kenaikan, meskipun belum signifikan. Kenaikan ini juga karena merupakan komoditi yang dipasok dari luar daerah.

“Rata rata harga masih stabil, tadi dalam laporan ada lombok besar yang naik, karena ini dipasok dari luar daerah dan sudah ada dalam pengiriman yang ditarget sudah masuk ke Berau satu dua hari ke depan agar bisa segera kembali menstabilkan harga,” ungkap Jonie Marhansyah, usai memimpin pertemuan.

Dalam upaya pengendalian harga kebutuhan pokok masyarakat dijelaskannya, TPID Berau secara rutin melakukan pemantauan lapangan dengan turun langsung ke pasar pasar dalam wilayah Kabupaten Berau. Selain untuk memantau kenaikan harga barang, turun langsung ke lapangan dijelaskannya juga bagian dari sosialisasi dan memberikan imbauan kepada para pedagang terkait ketentuan ketentuan yang harus dipenuhi.

“Bersama tim kita sudah jadwalkan untuk melakukan sidak (inspeksi mendadak) ke lapangan untuk memantau harga kebutuhan pokok dan langsung memberikan imbauan kepada pedagang agar mengikuti sesuai ketentuan yang ada,” jelasnya.(hms4/bnc)