Penyaluran Rastra ke Kampung-Kampung Hampir 80 Persen

 

TELUK BAYUR – Bulog atau Badan Urusan Logistik merupakan perusahaan umum milik negara, yang mempunyai tugas mengurus logistik serta pangan seperti halnya beras. Contohnya adalah melaksanakan pemerintahan serta pembangunan pada bidang managemen logistik dengan cara melakukan tata kelola persediaan, menyalurkan dan mengendalikan harga beras, serta melakukan usaha jasa logistik yang sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Di Kabupaten Berau sendiri, beras Bulog telah disalurkan di setiap pengurus kampung yang ada. Dan dari data yang diperoleh di Kantor Bulog Cabang Berau sendiri, sekarang total karung beras Bulog berjumlah sekitar 611 ton.

“Jumlah tersebut telah kami data, dan itu jika dihitung-hitung bisa bertahan hingga 6 bulan,” ucap Kepala Kantor Bulog Berau Seksi Logistik, Mardi Harianto.

Diungkapkannya juga, pihak Bulog sendiri sekarang telah memfokuskan diri kepada penyaluran rastra (beras sejahtera) agar jika diperhitungkan tidak ada lagi kampung-kampung ataupun desa-desa bahkan sebagian kelompok masyarakat berpendapatan rendah, tidak mendapatkan bagian.

“Maka dari itu kami dari pihak Bulog lebih mengintensifkan pemasukan, target kami memang agar penyediaan beras bulognya sendiri lebih tahan lama,” sambungnya.

Sekarang pun penyaluran beras Bulog ke kampung-kampung telah mencapai 50 persen, dan hampir menembus angka 80 persen.

“Semoga pada akhir bulan ini penyaluran rastra kami dapat terselesaikan,” harapnya.

Selain itu, yang khusus menerima bantuan beras Bulog di setiap kampung memang tidak sembarangan orang.

“Kalau pendataan memang itu bukan dari pihak Bulog. Setiap kampung siapa-siapa yang memang layak untuk mendapatkan bantuan itu yang mendata mungkin antara lain seperti BPS (Badan Pusat Statistik), dan mereka itulah yang menentukan masyarakat yang memang pantas mendapatkan bantuan,” ucapnya.

“Setelah data tersebut disalurkan di pusat dan terbit, tentulah kami dari pihak Bulog akan diberi data tersebut,” tutupnya.(bnc)

Wartawan: Miko Gusti Nanda/Editor: R. Amelia