Harga Bawang Putih Kembali Normal, Bawang Merah Bersiap Naik

 

TANJUNG REDEB – Setelah sempat melambung, kini harga bawang putih di Pasar Sanggam Adji Dilayas, Teluk Bayur, kembali normal.

Beberapa hari memasuki bulan Ramadan, harga bawang putih diketahui mencapai Rp80-Rp85 ribu per kilogramnya. Namun, saat ini harganya sudah turun drastis menjadi Rp55 ribu per kilogram. Hal itu diungkapkan oleh salah seorang pedagang bawang, Neni, saat ditemui beraunews.com, Selasa (06/06/2017).

"Harganya sudah turun sejak seminggu belakangan. Kalau pas awal-awal Ramadan kemarin harganya cukup mahal," ujarnya.

Naiknya harga bawang putih tersebut, dikatakannya merupakan dampak dari stok bawang yang minim, namun saat ini stok bawang putih kembali normal sehingga harga yang ditawarkan pun kembali normal.

"Biasanya kalau awal-awal Ramadan itu banyak kapal barang yang tidak masuk, jadi barang juga terkendala. Makanya ada saja harga yang naik,” terangnya.

Sementara harga bawang merah saat ini masih normal, yakni berkisar Rp30 ribu per kilogram. Namun harga tersebut dikatakannya sewaktu-waktu dapat mengalami kenaikan.

"Nah, kalau bawang merah ini masih biasa saja harganya. Tapi biasanya naik juga kalau mendekati lebaran. Kenaikan bisa sampai Rp50 ribu per kilogram," jelasnya.

Meski begitu, minat konsumen untuk membeli kedua bahan pokok tersebut tidak surut.

"Mau berapa pun harganya pasti tetap saja dicari, karena ini kebutuhan dasar di dapur. Tapi selama harga naik, kadang konsumen belinya dikurangi jumlahnya, tidak terlalu banyak," tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia