Stok Raskin Aman Hingga 6 Bulan Kedepan

TANJUNG REDEB – Badan Urusan Logistik (Bulog) akan kembali mendistribusikan beras miskin (raskin) ke sejumlah wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Berau. Namun, tahap pertama distribusi difokuskan terlebih dahulu di wilayah Kecamatan Tanjung Redeb.

Hal itu disampaikan Kepala Bulog Berau, Mardi Harianto kepada beraunews.com. Dikatakannya, persiapan pendistribusian raskin terus dilakukan pihaknya, meski masih  ada kegiatan lainya, yakni operasi pasar murah di tiap kampung bekerja sama dengan  Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Berau.

“Proses pendistribusian sebenarnya masih terus berlangsung, namun petugas kami juga ada sedikit kendala dengan kegiatan lainnya, yakni program pasar murah diperkampungan. Untuk diketahui, pendistribusian raskin telah mulai terealisasi sejak bulan Januari sampai dengan Agustus 2016 ini,” ujarnya.

Untuk tahap pertama pendistribusian raskin, Mardi mengatakan, setelah lebaran akan dilanjutkan dan difokuskan di enam Kelurahan di Kecamatan Tanjung Redeb sebanyak 99.360 kg dengan jumlah penerima 552 Kepala Keluarga (KK).

“Rinciannya, Kelurahan Sungai Bedungun sebanyak 19.080 Kg untuk 106 KK, Kulurahan Tanjung Redeb sebanyak 9.900 Kg untuk 55 KK, Kelurahan Bugis sebanyak 11.520 Kg untuk 64 KK, Kelurahan Gunung Panjang sebanyak 10.800 Kg untuk 60 KK, Kelurahan Karang Ambun sebanyak 27.360 Kg untuk 152 KK dan Kelurahan Gayam sebanyak 20.700 Kg untuk 115 KK. Untuk di Sungai Bedugun mereka langsung ambil jatah 8 bulan karena sebelumnya belum ambil jatah dan di wilayah kelurahan lainnya jatahnya untuk alokasi 4 bulan,”ungkapnya.

Terkait kesiapan Bulog melalukan pendistribuasian raskin, dikatakan Mardi mencapai 130 persen. Ketersediaan stok raskin pun diprediksi akan masih bisa memenuhi permintaan selama 6 bulan kedepan, yakni sebanyak 600 Ton.

“Kami sudah siap melakukan pendistribusian, tapi itu tunggu habis lebaran. Data penerima raskin kami terima dari hasil pendataan disetiap Kecamatan, Kelurahan melalui RT masing-masing wilayah. Stok raskin masih aman dan  mencukupi hingga 6 bulan kedepan,” pungkasnya.(ea)