BNI Salurkan Bantuan CSR Kepada Kampung Gurimbang

TANJUNG REDEB - Dalam rangka memperingati hari jadi Bank Negara Indonesia (BNI) Ke-70 yang jatuh pada tanggal 5 Juli 2016, pihak BNI seluruh Indonesia secara serempak akan memberikan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa bantuan sarana air bersih. Untuk Kabupaten Berau, bantuan tersebuta akan diberikan kepada warga Kampung Gurimbang, Kecamatan Sambaliung.

Hal ini disampaikan langsung oleh Sulaiman selaku Manager BNI Cabang Berau beberapa waktu lalu saat berkunjung ke Kampung Gurimbang. Rencana pemberian bantuan sarana air bersih tersebut merupakan program prioritas oleh pihak BNI mengingat sulitnya warga dalam mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Mengapa kita memilih untuk memberikan bantuan berupa sarana air bersih? Karena saat ini air bersih memang memang cukup sulit untuk didapatkan oleh warga khususnya di Kampung Gurimbang selaku penerima CSR ini. Dan program ini juga dilakukan di seluruh Indonesia sebagai bentuk syukur atas ulang tahun BNI yang ke-70," ujarnya.

Selain sarana air bersih, pihak BNI juga telah berkoordinasi dengan pihak Pemkab Berau untuk memberikan CSR dalam bentuk sektor lain seperti pendidikan dan kesehatan.

"Untuk saat ini memang kita baru fokus di satu titik (Kampung Gurimbang-red) saja, tapi ke depan tidak menutup kemungkinan kita akan terus mengupayakan bantuan untuk kampung-kampung lain. Tidak terbatas hanya sekadar air bersih saja, namun kita juga sudah merencanakan di sektor lain seperti pendidikan, kesehatan dan lain-lain" jelasnya.

Saat dikonfirmasi terkait bantuan yang akan diberikan oleh pihak BNI, Kepala Kampung Gurimbang, Madri Pani mengaku sangat menyambut baik rencana pemberian bantuan tersebut. Diakuinya, bantuan sarana air bersih yang rencananya akan diberikan sebelum bulan puasa tersebut akan sangat bermanfaat bagi warga. Pasalnya, kondisi air sungai Segah yang belakangan mulai tercemari juga cukup menyulitkan warga dalam memenuhi kebutuhan air bersih.

"Informasi pemberian bantuan dari pihak BNI saya terima langsung dari Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati. Bila dilihat dari sisi kebutuhan, bantuan ini tentunya akan sangat berguna. Apalagi memang saat ini untuk memenuhi kebutuhan air layak konsumsi sudah mulai sulit seiring dengan fenomena alam yang terjadi di sungai Segah beberapa waktu lalu," ujarnya.

Besar kisaran dana yang akan diterima, menurut penuturannya sekitar Rp45 juta. Dana tersebut akan dialokasikan sebagai pemenuhan kebutuhan air bersih untuk warga Kampung Gurimbang.

"Dana yang akan diterima akan disesuaikan dengan kebutuhan yang ada, dan ini juga nantinya diharapkan mampu untuk membantu masalah kekeringan yang sering terjadi saat musim kemarau, khususnya di daerah transmigran," sambungnya.

Dengan rencana diberikannya bantuan tersebut, pihaknya juga mengucapkan terima kasih baik kepada pihak BNI maupun Pemkab Berau. Ia berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat Kampung Gurimbang.(mta)