Stok Daging Sapi Dijamin Aman Jelang Ramadan dan Lebaran

 

TANJUNG REDEB – Sebulan sebelum memasuki bulan Ramadan, stok daging di Kabupaten Berau dinilai aman. Hal itu pun dijamin ketersediannya oleh Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Berau, hingga menjelang lebaran dan pasca Idul Fitri nanti.

Mengingat bulan suci Ramadan yang tinggal satu bulan lagi, hal itu pun menjadi fokus utama. Terlebih mengacu pada permintaan dan penawaran daging tahun kemarin, maka jumlah ketersediaan stok daging memang harus menjadi perhatian serius.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan) dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas Pertanian dan Peternakan Berau, Tumiyem,  menjamin jika ketersediaan daging sapi menjelang Ramadan sudah aman, dan akan melihat data tahun kemarin, untuk dijadikan acuan dalam penyediaan sapi potong.

“Biasanya, sebelum Ramadan kami akan melakukan pendataan ke Rumah Potong Hewan (RPH), guna mempertimbangkan seperti apa keadaan di lapangan nantinya, guna mencukupi daging jelang bulan puasa dan lebaran,” jelasnya kepada beraunews.com, Rabu (03/05/2017).

Merujuk dari data permintaan daging sapi tahun kemarin, pemotongan sapi tidak melonjak signifikan di awal bulan puasa dan pertengahan, hanya ada sekitar 4 sampai 7 ekor per harinya, dan jika ditotal, ada 170 ekor sapi yang dipotong per bulan Agustus 2016, saat bulan puasa.

Hal berbeda terlihat di awal bulan Juli, dimana lebaran tahun kemarin terjadi lonjakan permintaan daging, yakni antara 14 dan 39 ekor per hari jelang lebaran, dan jika dijumlah, untuk bulan Juli sekitar 276 ekor sapi yang dipotong.

“Kami tidak menyediakan jumlah pastinya untuk tahun ini. Penjagal di RPH yang lebih tahu pasti jumlah permintaan daging, seiring waktu berjalan nanti,” tutupnya.(bnc)

Wartawan: Rama Sihotang/Editor: R. Amelia